Hanafi Ekra Dorong Diknas Pantau PPDB di Kerpi Agar Berjalan Lebih Baik

Diterbitkan oleh Saiful pada Jumat, 28 Mei 2021 11:50 WIB dengan kategori Headline Pendidikan Suara Pelajar Tanjungpinang dan sudah 217 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri yang juga merupakan Anggota Komisi IV yang merupakan mitra Dinas Pendidikan, Hanafi Ekra berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kepri bisa lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya yang dihadapkan dengan situasi pandemi saat ini. PPDB akan dilakukan di bulan Juni-Juli nanti.

"Di tahun lalu keluhan masyarakat seputar kekurangsiapan proses PPDB di masa Covid-19 dan tidak berfungsinya Unit Pengelola Pengaduan yang ada, sehingga masyarakat merasa tidak terlayani dengan baik dan kehilangan hak untuk mendapatkan pelayanan dan penjelasan yang patut," kata Hanafi Ekra.

Dia menambahkan, di tengah Pandemi ini memaksa semua sekolah khususnya tingkat SMA untuk menyelenggarakan secara online atau daring.

"Kita berharap persiapannya matang tidak amburadul karena akses internet atau jaringan tidak memadai tentu tidak semua masyarakat bisa mengakses, semoga Diknas Pendidikan memperhatikan ini," kata Hanafi Ekra.

Menurut anggota legislatif yang terpilih dari Dapil Bintan dan Lingga, Diknas Pendidikan mungkin bisa berkolaborasi dengan dinas kabupaten dan kota terkait data SMP yang ada.

"Di era digital seperti saat ini harusnya menjadi mudah dan tidak sulit, tapi kita tahu kondisi Kepri tidak seperti daerah lain, tidak semuanya punya akses digital, ini yang harus dipetakan juga oleh Diknas, point pentingnya adalah kita berharap pelaksanaan PPDB sekarang wajib lebih baik lagi, kekeliruan tahun lalu tidak boleh terulang kembali," kata Hanafi Ekra.

Ditambahkannya, dari tujuh kabupaten dan kota yang ada paling krusial adalah di Kota Batam, sementara itu di kabupaten dan kota masih memenuhi kuota.

"Di Batam full diterapkan sistem zonasi sementara kabupaten kota lainnya di Kepri lebih fleksibel, namun apapun persoalannya kita berharap pelayanan PPDB ini bisa lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya," tutup Hanafi Ekra.