DKM Nurud Dakwah Perum Bumi Sakinah Gelar Bimtek Penyembelihan dan Manajemen Qurban bersama MUI dan JULEHA Kota Batam

Diterbitkan oleh Saiful pada Ahad, 13 Juni 2021 17:15 WIB dengan kategori Batam Khazanah dan sudah 229 kali ditampilkan

BATAM – DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Nurud Dakwah mengelar bimtek (bimbingan teknis) Penyembelihan dan Manajemen Qurban bersama Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Kota Batam beserta tim Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Batam di masjid Nurud Dakwah Perumahan Bumi Sakinah, Sagulung (13/06/2021). Bimtek ini guna persiapan penyelenggaraan qurban beberapa waktu yang akan datang.

“Alhamdulillah kita di beri kesempatan untuk menggelar bimtek penyelenggaraan syiar sembelih halal. Dimana kita menyampaikan materi tentang manajemen qurban di masa pandemi” ujar Ustad Raden Dwi Wahyu dari tim Juleha Kota Batam. Dan materi disampaikan oleh ketua bidang fatwa MUI Kota Batam, KH. Ahmad Junaidi.

Dalam kesempatan itu pula berkesempatan hadir anggota DPRD Kota Batam Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Syafei.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberi pembekalan bagi para panitia qurban. Karena tentu masa pandemi ini mengharuskan semua kegiatan termasuk ibadah qurban wajib memperhatikan protokol kesehatan. Dimana penerapan protokol tentunya tidak mengurangi nilai dan efisiensi penyelenggaraan qurban” tutur Muhammad  Syafei yang juga merupakan warga Perumahan Bumi Sakinah.

Sebanyak lebih dari 100 peserta hadir dalam pelaksaan bimtek tersebut. Selain diberi pembekalan materi, peserta kegiatan juga mendapatkan sertifikat dari panitia.

“peserta diberi materi tentang tata cara qurban di masa pandemi, pemilihan bilah yang tepat juga menjadi materi dalam bimtek ini. Juru sembelih harus memenuhi ketentuan standar 13 SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang memang diterapkan sebagai sertifikasi untuk juru sembelih halal” Ujar Raden Dwi Wahyu.

Pada bimtek itu satu ekor kambing dihadirkan sebagai contoh langsung untuk disembelih secara syar’I sesuai materi yang telah disampaikan. Kambing yang disembelih tersebut kemudian di proses (pengulitan, dan pencincangan) sesuai materi yang disampaikan. Kambing itu juga dimasak gulai untuk di nikmati bersama peserta dan jamaah pada malam hari di Masjid Nurud Dakwah.

"Diharapkan dari bimtek tersebut dapat melahirkan para penyembelih yang betul-betul halal sesuai dengan fiqihnya sehingga tidak ada keraguan baik dalam diri pengorban maupun yang menyembelih" demikian harapan yang disampaikan Ketua DKM Masjid Nurud Dakwah, Ahmad Maghribi.

Bimtek serupa rencananya akan diadakan kembali pada tanggal 20 juni di Kecamatan Sekupang, 27 Juni di Kecamatan Batam Kota, 4 Juli di Kecamatan Sagulung yang rencananya bertempat di Masjid Besar Daarul Ghufron.