Pemerintah Kabupaten Kendal Selenggarakan Job Fair Online 2021

Diterbitkan oleh Tauhid pada Rabu, 16 Juni 2021 22:56 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 164 kali ditampilkan

KENDAL

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar Job Fair Online 2021, Rabu (16/06/2021) bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Dalam acara pembukaan, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan, agar bersama-sama menyatakan tekad, untuk penyedia lapangan pekerjaan dalam mengurangi pengangguran di Kendal.

Menurut Bupati Kendal, jika ada kegiatan Job Fair, seperti biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Namun pada situasi pandemi covid-19 yang belum usai, kegiatan job fair tahun ini dilakukan secara online (layanan virtual) untuk menghindari kerumunan dan penyebaran/penularan virus covid-19.

"Dengan diselenggarakannya Job Fair Online, para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, dan lain sebagainya, karena bisa mencari dan melamar dari rumah saja dengan cara online melalui www.e-duniakerja.id/pencari," tutur Bupati Kendal.

Ia menambahkan, meski mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang perusahaan.

"Berdasarkan data badan statistik tahun 2020, angka kerja di kabupaten Kendal ada sebanyak 533.376 orang, dengan jumlah tingkat pengangguran sebesar 7,56%. Maka dari itu pemerintah Kabupaten Kendal akan membantu mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, salah satunya melalui kegiatan Job Fair Online seperti ini yang diikuti 24 perusahaan, serta tersedia 916 lowongan untuk para pencari kerja. Pencari kerja juga tidak dipungut biaya apapun, alias gratis," tambah Bupati Kendal.

Ia juga berharap, para pengusaha untuk terus mengembangkan investasinya di wilayah kabupaten Kendal, sehingga terciptanya lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat Kendal. pemerintah akan siap memfasilitasi keinginan perusahaan dalam pencari Angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Tenaga Kerja Kendal, Drs. M Sukron menjelaskan, kegiatan ini bertujuan yang pertama adalah untuk memfasilitasi dengan mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaaan dengan para pencari kerja secara langsung dalam pameran informasi bursa kerja. Kedua, Optimalisasi Kinerja Bursa Kerja bagi para lulusan dan masyarakat pencari kerja se-kabupaten Kendal.

“Ketiga, meningkatkan angka penempatan tenaga kerja melalui fasilitas pameran informasi bursa tenaga kerja secara online lewat www.e-duniakerja.id/pencaker,” ujar Sukron.

Dalam acara Bupati Kendal juga penyerahan Jaminan Program JKK dan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan berupa Mocap kepada Keluarga Alm Ruwanti karena sakit di negara singapore lewat PT. Bumimas Kantong Besari yang akan diterima Haryono sebagai suami.

Selain itu, juga diberikan kepada Reny Assyira Anjani anak dari alm Ruawati, yang beralamatkan di Jl.Gebang Utara RT 3/Rw1 desa Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, dengan
santunan kematian sebesar Rp.85.000.000
Santunan Beasiswa Pendidikan SD Rp.1.200.000/tahun,
SMP Rp.1.800.000/ pertahun, SMA Rp.2.400.000/tahun,
Perguruan Tinggi Rp.3.000.000/tahun.

Pewarta :
Suroto Anto Saputro