Rapat Paripurna, Pemerintah Kabupaten Kendal Sampaikan Raperda RPJMD Tahun 2021-2026

Diterbitkan oleh Tauhid pada Jumat, 18 Juni 2021 00:12 WIB dengan kategori Daerah Nasional dan sudah 81 kali ditampilkan

KENDAL

DPRD Kendal gelar Rapat Paripurna dengan Agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kendal Terhadap Raperda Kabupaten Kendal Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2020, dan Penyampaian Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026, Kamis (17/06/2021) di Gedung Paripurna DPRD Kendal.

Pada rapat tersebut hadir Sekda Kendal, Moh Toha , S.T., M.Si., mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto B.Sc, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun beserta Wakil Ketua Dewan dan diikuti oleh para Anggota Dewan, Forkopimda Kendal, para Kepala OPD Kendal, dan Forkopimcam.

Acara rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kendal diawali dengan Penyampaian Pandangan Umum oleh 6 Fraksi, dan menyerahkan buku tertulisnya kepada Ketua Dewan, yang nantinya akan disampaikan kepada Bupati Kendal.

Selanjutnya sambutan Bupati Kendal yang di sampaikan Sekda Kendal Moh Toha, S.T., M.Si. Sekda menyampaikan bahwa Bupati Kendal memiliki visi yaitu Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan.

Kendal Handal marupakan suatu kondisi terwujudnya Kabupaten Kendal sebagai Pusat Industri dan Pariwisata Jawa Tengah yang mandiri, berpretasi, berdaya saing, serta berwawasan Iingkungan. Unggul adalah suatu kondisi temujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, religius. berbudaya sehat jasmani dan mhani, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembangman sorta siaP menghadapi tevolusi indusui 40.

“Makmur mempakan suatu kondsi tetpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, dengan menumbuhkan. memfasilitasi dan melindungi pelaku-pelaku ekonomi, industri kreatif (start up), UMKM lndustri Rumah Tangga berbasis potensi lokal, dan Berkeadilan adalah suatu kondisi terwujudnya pembangunan yang merata (berbasis wilayah), harus berimbang dan proporsional bagi seluh warga masyarakat Kendal dengan ditopang tata kelola pemetintahan yang bersih tansparan, melayani den partisipatoris,” ungkap Sekda Moh Toha.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Sekda Kendal mengungkapkan, bahwa terdapat 5 misi yang akan dilaksanakan. Pertama, mewujudkan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata di Jawa Tengah, dengan mengoptimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah untuk mendorong kemandirian ekonomi daerah, meningkatkan kesejahteraan, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, penguatan Industri Kecil dan Menengah/UMKM, dan pengembangan pariwisata serta mendorong berkembangnya ekonomi kreatif (start up).

Kedua, mewujudkan Sumber Daya Manusia yang oerdas sehat jasmani dan rohani, berbudi pekeni luhur. dan memiliki daya saing dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0. Ketiga, mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis, inklusif, ditunjang dengan tatanan masyarakat yang aman, nyaman, tenteram dalam relasi seimbang antara berbagai komponen masyarakat dengan stake holder Pembangunan. Keempat, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mantap, merata dan berkeadilan dengan memperhatikan daya dukung dan kelestarian lingkungan.

“Kelima, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel yang berbasis elektronik dan bebas korupsi, dengan memberikan ruang yang luas bagi partisipasi masyarakat dalam proses Perumusan hingga evaluasi kebijakan,” terang Sekda Kendal.

Lanjut Sekda, adapun arah pengembangan pembangunan Daerah Kabupaten diantaranya adalah tahun 2022 Kendal Recovery, Tahun 2023 Competitive Kendal, Tahun 2024 Kendal Smart City, Tahun 2025 Kendal Inclusive, dan Tahun 2026 adalah Sustainable Kendal.

Pada kesempatan ini, ia juga sampaikan target capaian indikator makro tahun 2026, diantaranya adalah target pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal tahun 2026 yaitu 5,49-5,82%. Target Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Kendal tahun 2026 yaitu 5.15%. Target Tingkat Kemiskinan Kabupaten Kendal tahun 2026 yaitu sebesar 8,89-8,69%, dan target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kendal 77,61.

“Proses pencapaian visi dan misi Kabupaten Kendal sangat membutuhkan dukungan daan partisipasi dari semua stakeholder di Kabupaten Kendal, harapan kami agar kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat membuahkan hasil yang lebih baik, dalam pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Kendal kedepan,” tutup Sekda Kendal mengakhiri sambutan bupati.

Semenatara itu, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, yang telah menyampaikan sambutan RPJMD Tahun 2021-2026, dan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, maka tahapan penyusunan RPJMD sudah kita laksanakan mulai dari persiapan penyusunan, Penyusunan Rancangan Awal RPJMD, Penyusunan Rancangan RPJMD, Pelaksanaan Musrenbang RPJMD, Perumusan Rancangan Akhir RPJMD dan Penyampaian Raperda RPJMD Tahun 2021-2026.

"Selanjutnya akan kita bahas bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kendal sampai dengan penetapan. Karena Panitia Khusus Rancangan Awal RPJMD sudah terbentuk, maka Panitia Khusus tetap melanjutkan pembahasan Raperda RPJMD sampai tahapan Persetujuan Bersama Bupati untuk di mintakan Evaluasi Gubernur Jawa Tengah," terang Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun.

Suroto Anto Saputro