Kenang Pengabdian Menteri Penerangan Harmoko, Menkominfo: Terima Kasih atas Karya dan Dedikasinya Untuk Indonesia

Diterbitkan oleh Tauhid pada Senin, 5 Juli 2021 06:30 WIB dengan kategori Jakarta Nasional dan sudah 643 kali ditampilkan

JAKARTA

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama keluarga besar Kementerian Kominfo berduka atas wafatnya Menteri Penerangan Republik Indonesia periode 1983-1997, Harmoko.

Menteri Johnny menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam, serta mendoakan mendiang beristirahat dengan tenang.

“Saya berdoa kiranya almarhum Bapak H Harmoko, Menteri Penerangan sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-10 dengan Masa Jabatan 1997-1999, dapat beristirahat dalam damai dan mendapat tempat yang layak di surga yang kekal,” ujarnya di Jakarta, Minggu (04/07/2021).

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengenang masa-masa pengabdian almarhum dan mengapresiasi peran, serta dedikasinya kepada masyarakat juga negara selama menjabat sebagai Menteri Penerangan.

"Kami menyampaikan terima kasih yang besar atas pengabdian, karya dan karya beliau selama mengabdi melalui kebijakan pembangunan di sektor media, pers, penerangan dan komunikasi publik," tuturnya.

Semasa hidup, Menteri Penerangan era Kabinet Pembangunan itu dikenal sebagai pencetus lahirnya Gerakan Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan (Kelompencapir).  Gerakan tersebut bertujuan sebagai wadah untuk menyebarkan informasi dari Pemerintah yang kini dikenal dengan Government Publik Relation (GPR).

Selain menjadi Menteri Penerangan selama tiga periode berturut-turut sejak tahun 1983 hingga 1997, almarhum juga menjabat sebagai Ketua DPR-RI (1997-1999), dan Ketua MPR-RI (1997-1999).

Menteri Penerangan Harmoko menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sekitar pukul 20.22 WIB. Almarhum wafat di usia 82 tahun.

Suroto Anto Saputro