Bantuan UMKM di Kepri Diharapkan Tepat Sasaran

Diterbitkan oleh Saiful pada Ahad, 22 Agustus 2021 09:16 WIB dengan kategori Batam Headline Liputan Khusus dan sudah 123 kali ditampilkan

BATAM - Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Tjahyono mengapresiasi MoU Bank Riau Kepri dan Pemprov Kepri yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dalam rangka membantu permodalan UMKM yang beban bunganya tepat sasaran. Disamping itu, Politisi PKS Kepri ini juga mengapresiasi bantuan-bantuan UMKM yang telah disalurkan selama Pandemi ini.

Hal ini disampaikannya baru-baru ini kepada wartawan. "Saya mengapresiasi atas MoU Pemprov Kepri yang dilakukan  beberapa hari lalu, namun saya berharap bantuan UMKM nanti tepat sasaran, ditentukan kriteria penerimanya sekaligus dibina juga untuk bisnis plan dan atau sucsess plannya, kalau cerita UMKM tidak sekedar melulu bicara pembiayaan atau permodalan ada titik tekan khusus misalnya masalah tata kelola ata manajemennya UMKM nya," kata Raden Hari Tjahyono.

Menurut Anggota DPRD Kepri  yang terpilih dari Dapil Kepri 4 (Batam Kota, Batuampar, Bengkong dan Lubukbaja) ini UMKM di Kepri juga perlu dibina ke arah digitalisasi marketing.

"Pemasaran produk menjadi bagian juga yang tak terpisahkan dari UMKM karena tumbuh kembangnya UMKM tergantung laris tidaknya produk, laris tidaknya produk tergantung bagaimana teknik pemasarannya, sekarang kita bersyukur ditengah pandemi ada alternatif memasarkan produk secara digital, ada media sosial, website dan lain sebagainya yang bisa dijadikan sarana promosi," kata Raden Hari Tjahyono.

Kepada Pemprov Kepri dia juga berharap dalam setiap kebijakan terkait UMKM memperhatikan regulasinya agar tidak menjadi persoalan administrasi bahkan hukum di kemudian harinya.

"Saya hanya mengingatkan dalam setiap kebijakan apapun terkait UMKM nantinya perlu diperhatikan secara teliti bagaimana aspek regulasi atau hukumnya jangan sampai kemudian ada temuan di kemudian harinya, semoga dengan rencana bantuan permodalan UMKM tanpa bunga nantinya atau bantuan apapun untuk UMKM bisa membantu UMKM untuk tumbuh maju dan mandiri," tutup Raden Hari Tjahyono.