Bina UMKM, Raden Hari Dorong Pemprov Kepri Aktifkan PLUT di Kabupaten dan Kota

Diterbitkan oleh Saiful pada Kamis, 2 September 2021 16:20 WIB dengan kategori Batam Headline Kepri Terkini dan sudah 70 kali ditampilkan

BATAM - Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Tjahyono meminta Pemprov Kepri mendorong pemerintah kabupaten dan kota mengaktifkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Hal ini dikatakannya disela-sela agenda reses bersama masyarakat Kecamatan Batam Kota baru-baru ini.

Menurutnya Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT) merupakan wadah untuk membina koperasi dan UMKM, mulai dari manajemen SDM, Keuangan, Legalitas, Pemasaran, Jaringan dan lain-lain.

"Di Kepri baru ada 3 Plut  Batam, Bintan dan Anambas. Menurut saya, yang berjalan cukup baik ada di Batam, PLUT inilah nantinya yang akan membuat kinerja UMKM itu menjadi terencana, terukur sehingga UMKM nanti mampu menyerap tenaga kerja, kalau PLUT ini diaktifkan Insya Allah UMKM jadi tumbuh berdaya" kata politisi PKS Raden Hari Tjahyono.

Selain itu, tambahnya,  pemerintah daerah perlu memfasilitasi penyaluran KUR di Kepri baik sosialisasi dan tenaga pendamping KUR.

"Dulu ada tim pendamping KUR yang di gaji pusat, salah satu tugas mereka mendata dan mendampinginya pelaku usaha mikro untuk akses dana KUR, di dampingi mulai dari penyiapan berkas sampai dengan pembukuan, sehingga nanti bantuan pemerintah betul-betul menjadi agenda pemberdayaan," tutup Raden Hari Tjahyono.