Hanafi Ekra Minta Diknas dan Satgas Covid Pantau Pelajar Pasca di Vaksin

Diterbitkan oleh Saiful pada Jumat, 3 September 2021 05:26 WIB dengan kategori Bintan Pendidikan dan sudah 53 kali ditampilkan

BINTAN - Anggota Komisi IV DPRD Kepri Hanafi Ekra yang juga merupakan Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri berharap dinas pendidikan dan satgas covid memantau pelajar setelah di vaksin terkait reaksi atau dampak ikutan atau istilah medisnya disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Hal ini diutarakannya disela-sela agenda kegiatan reses di Bintan, kemarin malam Rabu (01/09/2021).


"Saat ini sasaran vaksin adalah pelajar, kita berharap kegiatan tersebut sukses sehingga sekolah bisa cepat dibuka dan saya berharap sekali pelajar usai di vaksin itu dipantau jangan sampai jika ada KIPI, pemerintah atau yang berwenang terkait masalah ini tidak ditangani serius terlepas memang dari kuantitas banyak atau sedikit," kata Hanafi Ekra.

Pelayanan pasien KIPI vaksin covid 19 ini bisa memacu juga untuk vaksinasi dosis kedua.

"SOP nya sepanjang yang saya ketahuikan dua kali vaksin, kalau pasien KIPI merasa ada efek dan negara tidak mau tahu tentu mereka akan pikir-pikir lagi mau vaksin, jadi mereka yang KIPI ini harus dibuatkan wadah atau dilayani khusus," kata Hanafi Ekra.

Menurutnya, negara tidak boleh lepas tangan begitu saja, negara harus bertanggungjawab dan mendiagnosanya sehingga bisa jadi pelajaran untuk di kemudian harinya.

"Saya berharap negara yang memaksa untuk suksesi program vaksinasi ini harus bertanggungjawab jika ada KIPI, di samping ada regulasi kebijakan terkait hal ini, tapi yang terpenting adalah implementasi perlindungan dan penangannya," tutup Hanafi Ekra yang juga Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kepri.