Pagelaran Pekan Kesenian Rakyat Jawa Tengah Digelar di Pendopo Kendal

Diterbitkan oleh Suroto pada Senin, 13 Desember 2021 15:53 WIB dengan kategori Headline Jawa Tengah dan sudah 674 kali ditampilkan

KENDAL - JATENG

Pemerintah Kabupaten Kendal melalu Dinas Pendidian dan Kebudayaan Kendal bekerjasama dengan Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah mengadakan pagelaran seni budaya, Minggu malam (12/12/2021) bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi bahwa acara pada malam ini adalah pagelaran seni Kabupaten Kendal yang bekerjasama dengan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Pekan Kesenian Rakyat Jawa Tengah Tahun 2021.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya Kabupaten Kendal, mengingat sekian waktu dengan adanya pandemi belum bisa eksis, namun saat ini syukur alhamdulillah Kabupaten Kendal sudah masuk PPKM Level 1, yang mana mendapatkan arahan dari Pak Bupati Dico, yaitu pagelaran seni dapat dilaksanakan kembali dengan pembatasan-pembatasan dan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Wahyu Yusuf Ahmadi.

Ia juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini akan mengobati rasa rindu para pelaku seni, dan diharapkan seni budaya di Kabupaten Kendal dapat meningkatkan kreatifitasnya untuk lebih berkembang.

Acara yang diikuti oleh para seniman dan budayawan itu menampilkan pegelaran seni budaya Tari, Singo Barong dan Wayang. Kegiatan dilaksanakan secara terbatas, namun agar tetap bisa disaksikan oleh masyarakat, juga disiarkan melalui streaiming youtube.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto meminta kepada para budayawan dan seniman agar bisa bekerja sama dengan penggiat pariwisata dan penggiat olahraga untuk menciptakan destinasi-destinasi wisata yang lebih baik lagi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kendal.

“Saya sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, bawah kesenian dan budaya di Kabupaten Kendal harus bangkit kembali, dan menaikkan kelasnya dengan mengembangkan kapasitasnya di bidang kesenian dan budaya. InsaAllah saya akan mengawal kesenian di Kabupaten Kendal agar bisa kembali digelorakan dan terus berkembang, sehingga bisa lebih baik lagi,” tutur Bupati Dico.

Bupati Dico juga menyampaikan syukur alhamdulillah, karena Kabupaten Kendal PPKM sudah turun menjadi Level 1, ini berkat kerjasama dari semua pihak dalam mensukseskan program vaksinasi, dan meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi virus covid-19 belum berakhir.

Sedangkan, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Stevani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten  Kendal, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal telah bekerja sama menyelenggarakan Pekan Kesenian Rakyat Jawa Tengah Tahun 2021.

“Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan Disdikbud Kendal dapat memfasilitasi para seniman, karena kita ketahui bersama dalam kondisi pandemi ini adalah masa sulit bagi para seniman, maka dengan adanya pagelaran ini para seniman tetap bisa bangkit dan kreatif, dan menjadikan kegiatan ini sebagai hiburan bagi masyarakat,” harap Stevani.

Suroto Anto Saputro