Ribuan Warga Padati Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam

Diterbitkan oleh Ipan pada Rabu, 21 September 2022 15:59 WIB dengan kategori Lingga dan sudah 100 kali ditampilkan

LINGGA - Dalam rangka memperingati Mandi Safar yang dilakukan oleh masyarakat Melayu kabupaten Lingga yang biasa dilakukan pada hari Rabu minggu terakhir bulan Safar. 

Masyarakat yang ada di pulau Lingga biasanya melakukan mandi safar di tempat-tempat wisata di Lingga seperti Pemandian Lubuk Papan, Air Terjun Resun, Lubu Muncung, Pantai Mempanak, Pantai Pasir Panjang serta beberapa tempat pemandian wisata lainnya.

Tradisi Mandi Safar ini sudah dilaksanakan sejak zaman Sultan Riau-Lingga, Sultan Abdulrahman Muazamsyah yang memerintah tahun 1883-1911. Sehingga Mandi safar di Lingga telah ditetapkan jadi warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia tahun 2018.

Hari ini, Rabu (21/9/2022) ribuan masyarakat memadati pantai Pasir Panjang Karang Bersulam desa Persiapan Cempaka kecamatan Lingga. Masyarakat yang datang hanya sekedar untuk bersantai menikmati indahnya laut dan riuhnya anak-anak mandi dipinggir pantai. 

Salah seorang anak bernama Azzam menyatakan, saya sangat senang ternyata ramai sekali hari ini, biasanya pantai ini sepi. Banyak teman-teman saya temui berkunjung kesini pak tuturnya.***CR-Ipan