Cegah Stunting, Babinsa Dampingi Petugas Posyandu

Diterbitkan oleh Suroto pada Jumat, 11 November 2022 10:16 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 136 kali ditampilkan

BATANG - JATENG

Dalam rangka mendukung program dari pemerintah dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Serma Ari Sucipto Babinsa Koramil 05/Reban, Kodim 0736/Batang, melaksanakan kegiatan Pendampingan petugas Posyandu yang  melakukan Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan Anak Stunting bertempat di Posyandu Melati, Desa Tambakboyo, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jum'at (11/11/22).


Serma Ari Sucipto mengatakan.  Pelaksanaan kegiatan pendampingan petugas Posyandu yang melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan secara rutin selalu dilakukan oleh Babinsa, dimana Babinsa dituntut laporan dari Komando Atas untuk perkembangan anak stunting diwilayah binaan.   Kali ini petugas kesehatan yang melakukan pengukuran berat badan dari Bidan Desa Tambakboyo Dina Kuswanti, "ucapnya.


Ditempat yang sama, Bidan Desa Dina Kuswanti juga menambahkan.   Bahwa pentingnya pengukuran berat badan dan tinggi badan anak dan balita secara rutin, gunanya untuk mengetahui perkembangan sang anak dalam pertumbuhannya.  Untuk itu, disetiap ada kegiatan Posyandu diharapkan para orang tua membawa anaknya supaya mendapatkan pelayanan kesehatan baik melalui pemberian vitamin maupun makanan tambahan "imbuh Dina".


"Dengan mendapatkan vitamin dan asupan gizi yang cukup maka pertumbuhan anak akan berkembang sebagaimana mestinya dan dapat mencegah terjadinya stunting". jelasnya.


Dina juga menambahkan, penyebab utama terjadinya stunting adalah kurangnya masukan asupan gizi yang cukup, sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan dan perkembangan anak saat masa pertumbuhan. Jadi selain mendapatkan vitamin dan makanan tambahan dari petugas kesehatan para orang tua juga harus benar-benar memperhatikan pemenuhan gizi bagi sang anak mulai dalam kandungan hingga usia dua tahun, "tutupnya.

Suroto Anto Saputro