Kodim 0736/Batang Mempersiapkan Lahan Untuk Budidaya Cabe Merah

Diterbitkan oleh Suroto pada Kamis, 24 November 2022 17:50 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 47 kali ditampilkan

BATANG - JATENG

Kodim 0736/Batang dalam melaksanakan Program ketahanan  pangan  selain tanaman jagung kali ini kodim 0736/Batang mempersiapkan lahan seluas satu hektar lebih untuk menanam cabe merah di Desa Rowobelang Kec. Batang Kamis (24/11/22)

Batiwamil Kodim 0736/Batang Serma Sudirman menyampaikan penyiapan lahan ini bertujuan untuk mempersiapkan lahan penanaman cabe merah, program ini juga merupakan program dari pemerintah tentang ketahanan pangan, juga bertujuan  untuk melatih warga agar memiliki ketrampilan agar bisa  memanfaatkan lahan sekitar sebagai sumber pangan yang dapat dijual ataupun dikonsumsi secara pribadi, "imbuhnya".

Dalam penyiapan lahan budidaya cabe merah, pertama kali yang harus kita dilakukan adalah memilih lahan yang gembur dan memiliki prioritas yang baik seperti sumber air.   Untuk memperoleh lahan yang gembur sebaiknya sebelum ditanami bibit cabe sebaiknya lahan dibajak, dibersihkan dari tunggul/tonggak kayu dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya, karena apabila terlalu banyak gulma dapat menganggu pertumbuhan tanaman cabe, "terangnya".

Pengolahan tanah dilakukan dengan cara menghancurkan bongkahan-bongkahan tanah sehingga menjadi lebih halus.   Setelah melakukan pengolahan lahan, proses berikutnya adalah membuat bedengan. Fungsi bedengan untuk pembuangan air hujan melalui selokan dan memudahkan meresapnya air penyiraman ke dalam tanah.   Ukuran bedengan pada lahan cabe biasanya memiliki lebar 100 cm dan panjangnya disesuaikan dengan kondisi tanah, tinggi bedengan kurang lebih 20 cm, dan jarak antar bedengan satu dengan yang lain sekitar 100 cm.

Setelah pembedengan selesai, selanjutnya di mulai proses pemupukan tanah sebelum dilakukan penanaman bibit cabe, itu semua dilakukan untuk memperoleh hasil panen yang memuaskan "tungkas Serma Sudirman".
Suroto Anto Saputro