Pesan Walikota Saat Saresehan HPN 2023 Dan HUT PWI Ke-77

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 9 Februari 2023 18:07 WIB dengan kategori Headline dan sudah 439 kali ditampilkan

TEGAL – Saat membuka Saresehan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Horizon Plaza Hotel Kota Tegal, Kamis (09/02/2023), Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh wartawan di Kota Tegal dan sekitarnya.
Pesan tersebut antara lain agar wartawan dapat mempromosikan Kota Tegal. 

"Saya berharap teman-teman wartawan selalu mempromosikan Kota Tegal, memberikan promosi/informasi tentang kota Tegal supaya Kota Tegal semakin di kenal," ucap Dedy Yon yang tak lupa mengucapkan selamat HPN tahun 2023 dan HUT Ke-77 PWI kepada segenap awak media yang hadir.

Selanjutnya Wali Kota berpesan agar pers menangkal berita hoaks. Disebutkan Wali Kota, di era modern seperti saat ini, pers bukanlah satu-satunya sumber informasi bagi masyarakat. Media sosial yang semakin berkembang belakang ini menjadi sumber informasi baru bagi masyarakat kita. Melalui media sosial, semua orang bisa menyebarkan informasi baik informasi tersebut benar atau berita bohong atau hoaks. 

“Hoaks ini lah yang seringkali menjadi penyebab keresahan dan kerusuhan di tengah masyarakat kita. Insan pers Indonesia sebagai pembawa informasi untuk masyarakat harus menjadi lawan bagi penyebaran berita hoaks ini, dengan menyebarkan berita yang jujur, berimbang dan tidak memihak,” pinta Dedy Yon yang hadir mengenakan pakaian adat Kota Tegal yang serba hitam.

Ditambahkan Wali Kota, insan pers di Indonesia juga harus bisa menyesuaikan diri sesuai perkembangan zaman dengan bertransformasi ke media digital. 

“Hal ini tentunya demi bisa tetap menyajikan informasi yang terpercaya kepada masyarakat melalui media yang mudah dijangkau dan lebih dinikmati oleh masyarakat modern kita," tutur Wali Kota Tegal.

Selain itu, menjelang tahun politik 2024, Wali Kota juga menyinggung terkait netralitas media. "Saat ini kita tengah memasuki tahun politik, dimana tahun 2024 nanti akan diadakan pemilihan umum serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kota Tegal," jelas Dedy Yon. 

Di tahun politik ini peran pers sebagai sumber informasi bagi masyarakat sangatlah vital. Segala informasi yang disampaikan melalui media memegang peranan besar dalam membentuk persepsi masyarakat. 

"Untuk itulah saya mengingatkan kepada seluruh insan pers yang hadir di sini untuk bisa tetap menjaga netralitas selama masa-masa tahun politik ini," harap Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono. 

Ketua PWI Kota Tegal M. Sekhun, menyampaikan hal senada, bahwa di tengah distrupsi informasi melalui media sosial banyak sekali mengandung informasi hoaks. Menurutnya hoaks bisa ditangkal dengan pemberitaan fungsi media dengan benar.

M. Sekhun menyebutkan bahwa apabila pers melakukan fungsi yang secara umum sudah di atur dalam UU No. 40 tahun 1999 , maka bukan hanya Demokrasi saja yang bermartabat namun pendidikan, ekonomi, dan keamanan juga akan terwujud secara beriringan. 

“Distribusi digital yang cukup banyak digembor harus kita imbangi dengan penyampaian informasi yang edukatif, informatif, dan kontrol sosial. Sehingga informasi-informasi bohong, cyber bullying, hal-hal yang negatif di dunia medsos bisa diimbangi dengan informasi yang menarik,” ujar Ketua PWI Kota Tegal yang juga General Manager Harian Radar Tegal.

Hadir dalam Sarasehan HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI yang mengangkat tema "Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat" antara lain Kapolresta Tegal AKBP Jaka Wahyudi, S.H, S.I.K., M.Si, Plh. Sekda Kota Tegal, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal, Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manaf, Budayawan Kota Tegal Atmo Tan Sidik, Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat, dan Ormas Kepemudaaan Kota Tegal.

Saresehan ditutup dengan diskusi panel yang menampilkan narasumber Dr (HC) Muhadi Setia Budi, Wakapolresta Tegal Kompol Zaenal Arifin, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Novianto Utomo, dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Thomas Budiono dan dimoderatori oleh Pimred Radar Tegal, M. Faturohman.