Bentuk Karakter, Siswa Siswi SD Al Irsyad Digembleng di Makodim 0703 Cilacap 

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Jumat, 10 Maret 2023 13:54 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 381 kali ditampilkan

CILACAP - Sebagai program pembinaan siswa siswi sekolah dasar agar memiliki karakter disiplin, SD Al Irsyad 01 Cilacap melaksanakan kegiatan Outdoor Siswa Kelas VI dengan tema "Melatih Kedisiplinan Siswa", bertempat di Markas Kodim 0703 Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman, No. D-1 Cilacap, Jumat (10/03/2023).

Rombongan siswa siswi SD Al Irsyad 01 Cilacap bersama para guru pendamping diterima oleh Instruktur Kodim 0703 Cilacap Serka Yatiman, Asisten Instruktur Sertu Risam dan Serda Guntoro di Lapangan Makodim 0703 Cilacap.

Sejumlah 80 orang siswa yang dikawal guru pendamping melaksanakan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Latihan Baris Berbaris (PBB) dan Latihan Penghormatan Militer (PPM) yang dipimpin langsung oleh Serka Yatiman.

Dalam kesempatan memberi arahan kepada anak anak SD Irsyad 01 Cilacap, Serka Yatiman mengatakan anak anak pasti bercita cita menjadi orang yang sukses dan berhasil dimasa depan, bahwa kunci menjadi seorang yang sukses dimulai dari disiplin, dan dispilin itu harus dilatih dan dibentuk sejak dini.

"Salah satu metode yang efektif untuk membentuk karakter disiplin adalah dengan berlatih baris berbaris dan penghormatan militer, kedua hal tersebut sebagai peraturan yang mendasar di instansi Militer sudah terbukti mampu membentuk karakter prajurit yang disiplin, tangguh dan militan",ungkapnya.

Tujuan Guru SD Al Irsyad 01 Cilacap untuk membentuk siswa yang disiplin dengan Melatih Kedisiplinan Siswa di Pangkalan Kodim 0703 Cilacap dinilai sangat tepat karena langsung dilatih oleh para instruktur yang berkompeten dan profesional di bidang pelatihan dan pembentukan karakter baik tingkat sekolah sampai level Instansi.

"Tentunya pemberian menu materi latihan sudah ditentukan dengan tingkatanya, karena data serap setiap anak tentu berbeda, jadi takaran melatih anak Sekolah Dasar tentu tak sama dengan anak Sekolah Menengah atau tingkat yang lebih tinggi. Tapi tujuan latihan sama, sehingga materi yang disampaikan dan dipraktekkan bisa diterima dan mudah diaplikasikan di dalam kegiatan sekolah",katanya.

Beberapa materi yang diberikan yaitu materi Peraturan Baris Berbaris di tempat, mulai dari sikap sempurna, sikap istirahat, hadap kanan, hadap kiri, serong kanan, serong kiri, balik kanan dan gerakan baris berbaris ditempat lainnya yang benar serta materi Penghormatan Militer yang sering  digunakan dalam kegiatan apel dan upacara di lingkungan sekolah.

Selain itu, guna menanamkan nilai nilai nasionalisme, Serka Yatiman juga membekali para siswa dengan pengetahuan wawasan kebangsaan, sehingga siswa siswi memiliki jiwa patriotisme dan  kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia.

Usai kegiatan, Kepala Sekolah SD Al Irsyad 01 Cilacap Heri Suwartoyo, S.Pd mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kodim 0703 Cilacap dan semua yang telah mendukung suksesnya kegiatan Outdoor Siswa Kelas VI guna melatih disiplin siswa.

"Terima kasih Kodim 0703 Cilacap, terimakasih kepada para pelatih yang telah meluangkan waktunya untuk menularkan ilmunya kepada anak anak kami. Semoga ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menjadi bekal bagi anak anak dan akan selalu diingat bahwa kami dulu pernah dilatih TNI dari Kodim Cilacap. Sekali lagi kami dari SD Al Irsyad 01 Cilacap mengucapkan terimakasih",ucap  Heri Suwartoyo.