Ratusan Warga Padati Kirab Pataka HUT Ke-422 Kabupaten Tegal

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Rabu, 17 Mei 2023 20:57 WIB dengan kategori Headline dan sudah 698 kali ditampilkan

TEGAL - Kirab Pataka Peringatan HUT ke-422 Kabupaten Tegal berlangsung pada Rabu (17/5/2023) siang sejak pukul 13.00 sampai  pukul 15.30 WIB.

Kirab Pataka yang terdiri Tombak Kyai Pleret dan Pakta Integritas itu sendiri merupakan penyerahan kembali pakta integritas dari keluarga Kalisoka kepada Pemkab. Tegal melalui Bupati Tegal Umi Azizah di Rumah Dinas. Sebelumnya, Pemkab. Tegal telah memberikan pakta intergritas itu kepada keluarga Kalisoka pada Selasa (16/5/2023) kemarin.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang amat penting, mengingat bahwa pendahulu keluarga Kalisoka adalah pendiri Kabupaten Tegal.

Kirab Pataka ini dimulai dari Kalisoka menuju Monumen GBN Slawi. Kemudian dari GBN Slawi, menuju Rumah Dinas Bupati bersama iring-iringan gunungan hasil bumi seperti buah – buahan, sayuran dan pala pendem, serta aneka kesenian tradisional, balo-balo, qasidah, rebana, terbangan, dan lain sebagainya. Kirab kali ini tidak dengan berjalan kaki melainkan menggunakan transportasi berupa mobil atap terbuka (pick up).

Dari GBN Slawi, iring-iringan diberangkatkan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Fakihurrohim. Tahun ini, kirab diikuti sebanyak 54 instansi , badan , satuan, dinas, BUMN, BUMD maupun Kecamatan. Rute yang dilalui yaitu dimulai dari GBN Slawi, sampai perempatan eks bioskop rama ke barat melewati ruko. Kemudian di taman bunga ke selatan melewati SMA Negeri 1 Slawi untuk menuju finish di Rumah Dinas Bupati.

Selain itu beberapa instansi memberikan penampilan di depan panggung penghormatan kepada Bupati Tegal Umi Azizah. Mulai dari tari kuntulan khas Tegal, tembang Tegalan dan juga memberikan setampah hasil bumi untuk Bupati. Hadir pada kesempatan tersebut Sekda, Kepala Dinas , Badan , Satuan yang semuanya berpakaian adat tegalan.

Setelah diperlihatkan kepada Bupati, gunungan hasil bumi seperti buah – buahan, sayuran dan pala pendem dibagikan kepada masyarakat yang berkumpul untuk merayakan bersama HUT ke-422 Kabupaten Tegal. Dan masyarakat langsung menyerbu hasil bumi dan antusias mengikuti acara kirab tersebut.