Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2023 di Buka Secara Resmi Oleh Bupati Tegal

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 25 Mei 2023 10:32 WIB dengan kategori Headline dan sudah 551 kali ditampilkan

TEGAL - Dalam rangka memperingati HUT ke-422 Kabupaten Tegal, Bupati Tegal Umi Azizah secara resmi membuka Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2023 pada, Rabu (24/05/2023) malam.

Perhelatan ini merupakan perayaan besar-besaran pertama setelah berakhirnya Pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Kabupaten Tegal antusias memadati lapangan Pemkab. Tegal dalam prosesi pembukaan yang dimeriahkan oleh beberapa hiburan seperti Band, Tari Modern dan  Tradisional, Tembang Tegalan dan Ketoprak sehingga acara pembukaan Pesta Rakyat tersebut berlangsung meriah.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni menjelaskan,  makna dari nama pesta rakyat tersebut yaitu Slawi Ageng. Ageng artinya besar, sesuai dengan rangkaian acara HUT ke-422 Kabupaten Tegal lengkap dan besar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya terlebih saat dilanda pandemi. Untuk itu, Pesta Rakyat ini diharapkan dapat menjadi sarana hiburan yang membangkitkan semangat masyarakat untuk merasa memiliki dan bangga pada Kabupaten Tegal.

“ Pesta Rakyat ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi produk-produk komoditas unggulan Kabupaten Tegal. Harapannya kegiatan ini dapat menciptakan wahana interaksi bisnis dan menjalin kerja sama saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli dan investor sehingga bisa meningkatkan volume perdagangan produk unggulan industri, terknologi, wisata dan SDM di Kabupaten Tegal,” ujar Uwes.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Muhammad Taufiq Amrozy merasa senang karena masyarakat yang hadir dalam pembukaan Pesta Rakyat membludak. Hal tersebut menjadi sorotan, pasalnya dapat terlihat ekonomi masyarakat Kabupaten Tegal sudah kembali bangkit.

“ Bank Indonesia merasa terpanggil untuk turut mendukung bersama seluruh stakeholder terkait untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi terutama di Kabupaten Tegal. Terutama kami mengambil tema pada saat ini mendorong industri kecil logam agar benar-benar yang dikenal Tegal sebagai Jepangnya Indonesia, tersohor masuk ke industri logam nasional dan bahkan meng-global,” jelas Taufiq.

Dalam sambutannya, Bupati Tegal Umi Azizah menuturkan bahwa selama Pandemi Covid-19 seluruh kegiatan di bidang ekonomi hampir lumpuh. Pariwisata tutup, warung banyak yang gulung tikar dan pekerja di luar kota banyak PHK. Oleh karena itu Pesta Rakyat ini diharapkan bisa dimanfaatkan agar ekonomi Kabupaten Tegal bangkit, tumbuh, dan berkembang sesuai tema ‘Melangkah Maju’.

“ Saya berharap produk UMKM Kabupaten Tegal lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak kalah kualitasnya dengan daerah lain. Saya sendiri, baju yang saya pakai buatan daerah Bengle. Sepatu yang saya pakai buatan Dukuhturi. Kewajiban kami untuk memperkenalkan produk Kabupaten Tegal agar kita semuanya lebih mencintai produk sendiri,” harap Umi.

Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2023 menyajikan puluhan stand makanan UMKM, dinas instansi dan komunitas masyarakat. Sementara itu, rangkaian acara HUT ke-422 Kabupaten Tegal masih berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2023 dengan agenda acara Barista Battle, Fashion Show Batik Tegalan, Parade Kuntulan, Final Nembang Tegalan dan Aerobic Competition.