Tegaskan Pentingnya Kepercayaan Publik, Pemprov Kepri Kembali Sosialisasikan SP4N-LAPOR 

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 15 Juli 2023 17:30 WIB dengan kategori Advertorial Tanjungpinang dan sudah 339 kali ditampilkan

(ADVERTORIAL) - Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepulauan Riau Sardison mewakili Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad membuka kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak, Jum'at (14/07).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau kembali mensosialisasikan SP4N-LAPOR!. Dipromotori Sub Koordinator Pengelolaan Opini Publik pada Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik menjadi leading sector pengelolaan SP4N LAPOR! di Provinsi Kepri dibantu oleh Inspektorat Daerah dan Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kepri sebagai admin instansi, serta admin penghubung di seluruh OPD Pemprov Kepri.

Sosialisasi kali ini, digelar sebagai apresiasi atas hasil kinerja serta menjadi momentum penyemangat administrator instansi, dimana Provinsi Kepulauan Riau sukses meraih peringkat terbaik pertama dari 38 Provinsi di Indonesia, dimana persentase penyelesaian pengaduan mencapai 99,27 persen, yakni sebanyak 271 pengaduan yang selesai dari 273 pengaduan, di mana 2 pengaduan masih dalam proses dan tidak ada kasus pengaduan yang belum ditindak lanjuti.

Dalam kesempatan tersebut, Diskominfo Kepri menghadirkan dua narasumber sebagai pengisi materi yakni Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri RI Rega Tadeak Hakim dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau Lagat Parroha Patar Siadari.

Sambutan Gubernur Ansar melalui Staf Ahli Gubenur Sardison mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dan menegaskan pentingnya menjaga tingkat kepercayaan publik kepada pemerintah.

"Gubernur Ansar mengapresiasi segala kerja keras semua pihak, dimana hasil koordinasi dan kolaborasi yang masif dapat menjaga tingkat kepercayaan publik, dibuktikan dengan terprosesnya seluruh pengaduan masyarakat, hal ini perlu kita pertahankan," ujar Sardison.

Sementara itu, Kadiskominfo Kepri Hasan menegaskan bahwa sosialisasi ini digelar agar menjadi pengingat bagi kita semua, bahwa citra baik Pemerintah Provinsi Kepri dapat dibuktikan dengan pengelolaan pengaduan masyarakat.

"Melalui SP4N-LAPOR!, Pemerintah dapat mengoreksi segala kekurangan efektifitas kinerja, sehingga menjadi trigger yang baik untuk kita semua, dengan cepat tanggapnya admin instansi merespon aduan masyarakat maka semakin tanggap dan percaya pula masyarakat terhadap pemerintah, itu juga sebagai andil masyarakat dalam pembangunan," papar Hasan.

Terakhir, Kadiskominfo Hasan menjelaskan bahwa seluruh capaian ini merupakan buah hasil kerja keras dari seluruh admin SP4N-LAPOR! di lingkungan Pemprov Kepri, Kabupaten dan Kota.

"Ini bukti dari hasil kerja keras rekan-rekan, dimana hasil penilaian ini diperoleh berkat koordinasi yg baik antar seluruh admin penghubung di seluruh OPD juga Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau," terangnya.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, para Staf Ahli Gubenur Kepulauan Riau, para Kepala-kepala OPD dilingkungan pemerintah Provinsi Kepri, serta dihadiri administrator SP4N-LAPOR! dari 43 OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. (Mit)