Apel Siaga Karhutla, Polres Kendal Tingkatkan Sinergi Bersama Tangani Kebakaran

Diterbitkan oleh Suroto pada Kamis, 24 Agustus 2023 20:14 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 568 kali ditampilkan

KENDAL - JATENG

Polres Kendal Polda Jateng - Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan SIK hadiri Kegiatan Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Kendal tahun 2023 dipimpin oleh Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki bertempat di Lapangan Alun alun Kabupaten Kendal, Kamis (24/8/2023).

Selain Kapolres Kendal, turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Jenry Poli, Kajari Kendal diwakili Kasidatun Bladhika Surengpati,  Ketua PN Kendal diwakili Hakim Bustarudin, Wakapolres Kendal Kompol Edy Sutrisno, Sekda Kendal Sugiono, KA BPBD Kendal Sigit Sulistyo, OPD kabupaten Kendal, PJU Polres Kendal, Kapolsek Jajaran dan para relawan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengecekan sarpras dan simulasi ini merupakan tindak lanjut dengan telah ditetapkannya status siaga darurat bencana Kebakaran hutan dan lahan Tahun 2023 beberapa waktu yang lalu. Kegiatan apel siaga dan simulasi saat ini, merupakan bentuk kesiapan dalam menghadapi atau menanggulangi kalau terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kendal.

Dalam pelaksanaan Apel siaga Bencana kebakaran hutan dan lahan Tahun 2023 tersebut Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki mengatakan bahwa, "Kita sudah memasuki musim kemarau maka dari dari itu perlu kewaspadaan dan kesiagaan menghadapi munculnya potensi bencana kebakaran hutan dan lahan sangat penting demi menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian harta benda, maka dari itu untuk mengantisipasinya kami himbau untuk membentuk tim siaga dan penanaman pohon di daerah rawan bencana serta melibatkan semua elemen sehingga dapat berpartisipasi melakukan pencegahan kebakaran hutan, deteksi dini antisipasi, responsif dan adaptif," ucap Wakil Bupati Kendal.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan SIK meminta seluruh pihak untuk selalu berkoordinasi terkait upaya penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan.

“Lakukan koordinasi melekat antar instansi, bagi personel yang terlibat laksanakan himbauan secara masif, Jika ada titik asap harus sesegera mungkin di lakukan pemadaman dan koordinasikan, Pemerintah Kabupaten Kendal juga telah menyiapkan sarana dan prasaran guna pencegahan, "tegas Kapolres.

Suratmi Tri Martanti