Operasi Zebra Candi, Polisi di Brebes Bagikan Helm dan Kartu E Money

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Selasa, 12 September 2023 15:23 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 212 kali ditampilkan

BREBES - Pengguna jalan yang melintas di pertigaan pospol Exit Tol Brebes Timur (Brexit) diberikan kartu E Money gratis oleh Jajaran Satlantas Polres Brebes, Polda Jawa Tengah dala kegiatan sosialisasi Operasi Zebra Candi 2023, Selasa (12/9/2023).

Pemberin kartu E Money (Brizzi) tersebut merupan bentuk apresiai dan penghargaan bagi pengguna jalan yang patuh dan tertib berlalulintas.

"Ini sebagai bentuk apresiasi kami, kepada pengguna jalan yang tertib dan tertib berlalu lintas," kata AKBP Guntur Muhmmad Tariq melalui Kasat Lantas AKP Edi Sukamto yang memimpin kegiatan tersebut.

Selain kartu E Money, jajaran Satlantas juga membagi-bagikan helm gratis ke pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak memakai helm maupun yang mengenakan helm yang sudah tidak layak pakai.

Lanjut Edi Sukamto, pemberian helm gratis tersebut  guna menekan fatalitas pengendara saat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Pemberian helm karena faktor utama keselamatan bagi pengendara motor, diberikan adalah untuk pemakaian helm yang sesuai standar. Maka, kami memberikan kepada pengguna jalan yang tidak memakai helm maupun pengendara yang menggunakan helm sudah tidak layak pakai sesuai standar SNI," lanjutnya.

Dihari ke sembilan pelaksaaan Operasi Zebra Candi 2023, polisi tidak melakukan penilangan. Melainkan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat soal keselamatan berkendara di jalan raya, berupa teguran kepada pengendara yang melanggar.

Dalam kegiatan tersebut, Polisi juga melibatkan pihak jasa Raharja, Samsat Keliling dan BRI. 

Hal ini dimaksudkan, kata Edi Sukamto untuk memfasilitasi masyarakat yang akan membayar pajak.

"Penilangan dilakukan kepada pengendara motor yang pajak kendaraannya telat. Oleh kerenanya selain melibatkan BRI juga melibatkan Jasa Raharja dan Samsat Brebes, guna melakukan pembayaran pajak kendaraan secara langsung," pungkasnya.