KPU Kota Tegal Terima Estafet Kirab Pemilu 2024

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Ahad, 12 November 2023 12:03 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 414 kali ditampilkan

TEGAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menerima estafet Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Purbalingga.

Serah terima Kirab Pemilu 2024 ditandai dengan penyerahan bendera kirab dari KPU Kabupaten Purbalingga kepada KPU Kota Tegal dan penandatangan berita acara serah terima yang berlangsung di Jalan Pancasila, Kota Tegal, Sabtu (11/11/2023).

Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kirab Pemilu 2024 membawa 18 Bendera Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2024 dengan tagline Pemilu Sarana Integrasi Bangsa.

Kegiatan tersebut merupakan program sosialisasi nasional yang diluncurkan pada tanggal 14 februari 2023 serentak di 7 jalur yang ditetapkan.

"Kota Tegal ini merupakan jalur 5 yang titik awalnya dimulai dari Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara dengan melintasi sebanyak 44 lokasi satker dengan tujuan tersampaikan informasi tentang penyelenggaraan Pemilu, Parpol Peserta Pemilu tahun 2024, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024," papar Elvi.

Selain itu Elvi menjelaskan bahwa selama di Kota Tegal, kegiatan kirab Pemilu 2024 diantaranya Kirab Bendera Parpol peserta Pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan tanggal 11 November 2023; kemudian senam bersama di Jalan Pancasila bersama masyarakat Kota Tegal pada tanggal 12 November 2023; Sosialisasi di empat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Tegal pada tanggal 13 November 2023; Sepeda santai pada tanggal 14 November 2023; Pawai Mobil Politik Peserta Pemilu 2024 pada tanggal 15 November 2023; Sosialisasi oleh PPK pada tanggal 16 dan 17 November di pasar-pasar, tempat pendidikan, dan tempat keramaian dan dihari terakhir akan disampaikan estafet kirab ini ke KPU Kabupaten Cirebon pada tanggal 18 November 2023.

Sementara itu Ketua KPU Purbalingga,  Zamaahsari dalam sambutannya menyampaikan bahwa rangkaian kirab ini merupakan upaya dari KPU untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Harapannya tentu partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 meningkat dibandingkan Pemilu 2019, kita tahu bahwa pemilu 2019 partisipasi untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 81,8%. Mudah-mudahan nanti dengan adanya kirab ini partisipasi secara nasional Pemilu tahun 2024 meningkat diatas 90%," ujar Zamaahsari.

Pada acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Jajaran Forkopimda, Ketua KPU Kota Tegal, Ketua Bawaslu Kota Tegal dan seluruh Pimpinan Parpol Kota Tegal dan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Wali Kota Tegal, Ketua KPU Kota Tegal dan Ketua Bawaslu Kota Tegal.

Sesaat setelah penandatanganan, Wali Kota Tegal dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Ketua KPU Purbalingga dan seluruh jajarannya yang pada sore hari ini hadir di Kota Tegal pada kegiatan estafet kirab pemilu tahun 2024. Ia juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya untuk Kota Tegal, sehingga Kota Tegal terpercaya menjadi tuan rumah untuk kirab pemilu pada tahun ini.

Dedy Yon berharap agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik dan damai.

"Kita sengaja mengundang seluruh partai politik untuk kirab dan juga kami mengundang seluruh tokoh agama secara bersama-sama mendo'akan agar pemilu di Indonesia khususnya di Kota Tegal ini berjalan dengan baik," harap Dedy Yon.

Kirab Bendera Parpol peserta pemilu tahun 2024, dilepas oleh Wali Kota Tegal dengan rute start di Jalan Pancasila dan finish di depan Gedung DPRD Kota Tegal.