Bantal Pintar Penghenti Ngorok

Diterbitkan oleh Redaksi pada Rabu, 9 Januari 2008 00:00 WIB dengan kategori Teknologi dan sudah 2.559 kali ditampilkan


Terkininews.com- Terganggu dengan dengkuran pasangan atau merasa tak nyaman dengan kebiasaan mengorok Anda? Kini tak perlu khawatir, dengan sebuah bantal ciptaan ilmuwan Jerman, ngorok tak lagi jadi masalah.

Solusi atasi ngorok ini digagas ilmuwan Jerman dengan sebuah bantal yang terhubung dengan komputer yang memungkinkan untuk mengubah posisi kepala seseorang sampai suara dengkuran berhenti.

Adalah Daryoush Bazargani, profesor ilmu komputer dari Universitas Rostock yang menemukan bantal pengatur dengkur dan memamerkan prototype bantal pintar tersebut pada konferensi kesehatan di Jerman, Rabu (03/07), seperti dilansir dari Reuters.

"Bantal ini terhubung dengan sebuah komputer seukuran buku yang diletakkan di meja sebelah tempat tidur. Komputer tersebut akan menganalisa suara dengkuran," papar Bazargani.

"Komputer akan mengatur sirkulasi udara, yakni dengan memperkecil atau memperbesar kapasitas udara dalam bantal, sehingga posisi kepala akan berubah. Proses ini dilakukan sampai aliran udara yang keluar melalui hidung menjadi lancar dan suara dengkuran bisa diminimalkan," lanjut Bazargani.

Tak hanya menghentikan suara dengkuran, bantal ergonomis ini juga berfungsi sebagai alat pijat leher. Bisa dibayangkan khan nikmatnya dipijat saat kita tertidur, suara dengkur pun tak ada lagi. Kelebihan bantal pintar ini dilirik beberapa perusahaan Amerika yang antusias memproduksinya secara massal.

Sementara kepada media Bazargani mengaku menciptakan bantal tersebut agar tidur bisa lebih nyaman, mengingat dirinya sendiri juga seorang pendengkur. (reuters/rit)