Kecewa Hasil Pemantauan TPI Tak Dievaluasi

Kamis, 14 Mei 2009 00:00 WIB
548x ditampilkan Nasional

TANJUNGPINANG -Pelaksanan pemantauan UN (Ujian Nasional, red) SMA - SMP berjalan lancar, tetapi UN tampaknnya menyisakan kekecewaan tidak hanya bagi pelajar tetapi juga bagi Tim Pemantau Independent karena hasil pemantauan kerap diabaikan tanpa pro
TANJUNGPINANG -Pelaksanan pemantauan UN (Ujian Nasional, red) SMA - SMP berjalan lancar, tetapi UN tampaknnya menyisakan kekecewaan tidak hanya bagi pelajar tetapi juga bagi Tim Pemantau Independent karena hasil pemantauan kerap diabaikan tanpa proses analisa dan evaluasi.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Lizza Lantri, MM Bendahara Umum TPI Kota Tanjungpinang. Menurutnya, pemantauan UN kurang efektif untuk dijalankan, hanya membuang biaya kurang memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan, karena selama ini hasil dari pemantauan tersebut tidak pernah dianalisa dan dievaluasi pelaksanaannya, guna memberikan feed back bagi pendidikan itu sendiri.

"Ada beberapa kecurangan yang terjadi di lapangan, tidak konsekuensinya terhadap peraturan. Sebagai contoh, Peserta UN tidak boleh membawa HP, tetapi pada kenyataannya di lapangan guru tersebut menyuruh siswanya membawa HP, dan ironisnya guru tersebut memberitahu jawaban soal UN kepada siswa-siswinya melalui sms," kata dosen STIE Pembangunan ini.

Menurut dia, hal ini berjalan dengan lancar, tidak ada satupun yang menindak lanjutinya. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan siswa dalam menghadapi UN, apabila siswa siap dalam menghadapi UN terseebut, maka hal-hal seperti ini tidak mungkin terjadi.