PT. Penarik Bintan Cemari Lingkungan Pulau Kelembai

Senin, 25 Mei 2009 00:00 WIB
557x ditampilkan Nasional

LINGGA - PT.Penarik Bintan yang bergerak di bidang tambang bouksit dengan direkturnya biasa di panggil Awi di Pulau Kelembai Desa Tanjung Dua Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga telah mencemari laut pulau tersebut dengan tanah timbun pembuatan pelabu
LINGGA - PT.Penarik Bintan yang bergerak di bidang tambang bouksit dengan direkturnya biasa di panggil Awi di Pulau Kelembai Desa Tanjung Dua Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga telah mencemari laut pulau tersebut dengan tanah timbun pembuatan pelabuhannya.

Pertama-tama ada seorang warga yang mengeluhkan bahwa tempat dimana orang tuanya biasa menangkap ikan sekarang sudah tidak bisa lagi dikarenakan sudah tercemari dan airnya sudah berwarna susu ungkap warga yang tidak mau disebutkan namanya kepada terkininews.com.

Berdasarkan pantauan terkininews dilapangan memang benar bahwa pencemaran yang dilakukan oleh PT.Penarek Bintan sudah terbilang memprihatinkan bagi warga setempat karena limpahan dari tanah tambak untuk pembuatan pelabuhan angkut melimpah kesekitaran pelabuhan sehingga mencemari sekitar pulau Kelembai tersebut. Jarak cemar dari limpahan tanah tersebut lebih kurang 250 meter sehingga mengena pada kelong ikan warga sekitar tersebut. Padahal ungkap Yunan salah seorang warga tanjung dua " pantai pulau Kelembai ini sangat cantik pemandangannya dan disini juga tempat dimana nelayan berteduh jika ada angin ribut atau gelombang kuat. Biasanya nelayan kampung ini tidak payah pergi jauh melaut jika belum tercemar sebelum ini" tukasnya geram.

Sampai berita ini diturunkan, terkininews belum bisa bertemu kepala kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga untuk dimintai keterangan soal pencemaran tersebut dikarenakan masih sibuk sidang Amdal.***