PT AHM Kembali Pimpin Pasar Motor Nasional

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 4 Juni 2009 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 776 kali ditampilkan


PT Astra Honda Motor (AHM), produsen dan distributor motor Honda, mulai menggenjot produksi, sehingga kembali merebut tahta pimpinan pasar motor nasional dengan pangsa pasar 46%, yang pada Maret lalu dipegang oleh Yamaha.

Berdasarkan data sementara Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Honda pada Mei melonjak 33,6% menjadi 208.266 unit dibanding April sebesar 155.789 unit.

Pada bulan lalu, Yamaha hanya terjual sebanyak 206.992 unit (44%) disusul Suzuki 36.074 unit, Kawasaki 3.500 unit sedangkan Kanzen 300 unit.

Terkait hal itu, Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Dyonisius Beti, mengungkapkan, fokus utama perseroan dalam industri motor adalah kepuasan para pemangku kepentingan. Sepanjang tahun ini, kata dia, pertumbuhan yang berkeseinambungan yang dialami perseroan menunjukan konsistensi.

"Market share bukan goal (tujuan), tapi impact (pengaruhnya). Kalau kondisi seperti ini terus, Yamaha masalah waktu saja akan memimpin pasar. Kami bisa melihat tren retail sales kami sudah lama memimpin pasar," papar dia. (kpl/bar)