Masyarakat Malaysia Antusias Liburan ke Bali

Diterbitkan oleh Redaksi pada Jumat, 5 Juni 2009 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 770 kali ditampilkan


Masyarakat Malaysia yang liburan ke Bali semakin bergairah, berkat makin baiknya sistem keamanan serta jarak tempuh yang lama, karena menggunakan pesawat terbang dan adanya hubungan tingkat emosional antara Bali-Malaysia.

Kondisi tersebut mendorong masyarakat negeri tetangga itu semakin banyak berwisata ke Pulau Dewata, kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Ida Komang Wisnu di Denpasar, Kamis (4/6).

Ia mengatakan, wisatawan asal Malaysia yang menikmati liburan ke Bali sebanyak 43.982 orang selama empat bulan periode Januari-April 2009, meningkat 12.019 orang atau 37,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 31.963 orang.

Meskipun antara Malaysia-Bali sebenarnya juga bisa dijangkau dengan transportasi laut, namun masyarakat Malaysia yang berwisata ke Bali tidak tercatat melalui pelabuhan laut.

"Seluruh wisatawan Malaysia dalam menikmati keindahan panorama alam serta keunikan seni budaya Bali lewat Bandara Ngurah Rai yang terbang langsung dari negaranya," tutur Ida Komang Wisnu.

Ia menambahkan, Malaysia menempati posisi keempat dari sepuluh negara yang terbanyak memasok wisman ke Bali setelah Jepang, Australia dan China.

Negara tersebut memberikan kontribusi sebesar 6,48% dari total wisman yang ke Bali sebanyak 679.226 orang atau bertambah 54.032 orang atau 8,64% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 625.194 orang.

Sedangkan selama 2008 kunjungan wisatawan Malaysia ke Bali tercatat 129.727 orang, hampir seluruhnya lewat bandara Ngurah Rai, Bali dan hanya empat orang tercatat lewat pelabuhan laut.

Jumlah tersebut bertambah 24.764 orang atau 23,59% dibanding tahun 2007 yang tercatat 104.963 orang. Adanya hubungan yang baik, terutama dalam bidang seni budaya antara Bali-Malaysia diharapkan kunjungan masyarakat Malaysia lebih banyak lagi dalam tahun ini maupun di masa-masa mendatang.

Salah satu dari 12 grup kesenian mancanegara yang ikut berperan serta dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-31 2009 yang akan digelar mulai 13 Juni mendatang berasal dari Malaysia.

Demikian pula tim kesenian dari Bali senantiasa ikut berperan serta dalam berbagai pementasan di Malaysia, termasuk melibatkan dosen dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar maupun sekaa kesenian lainnya di Pulau Dewata, tutur Ida Komang Wisnu. (kpl/meg/ Kapanlagi.com)