Libur Natal dan Tahun Baru, Perbankan Tambahkan Dana di ATM

Diterbitkan oleh Redaksi pada Jumat, 25 Desember 2009 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 721 kali ditampilkan

Sejumlah perbankan menyiapkan peningkatan dana untuk menjaga kecukupan dana pada masyarakat dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru.
Sejumlah perbankan menyiapkan peningkatan dana untuk menjaga kecukupan dana pada masyarakat dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru. Sebab, selama libur akhir tahun ini diperkirakan bakal terjadi lonjakan penarikan dana tunai di anjungan tunai mandiri atau ATM menyusul peningkatan aktivitas ekonomi pada akhir tahun.

Untuk pengisian ATM, PT Bank Danamon Tbk menyiapkan dana dua kali lebih banyak dibandingkan sebelumnya. "Untuk ATM kami akan isi lebih banyak agar tetap bisa melayani nasabah. Kapasitas kami tingkatkan dua kali lipat," ujar Direktur Operasional Bank Danamon Muliadi Rahardja, Jakarta, Kamis (24/12/2009).

Dia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tenaga pendukung untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan pengisian dana kembali di ATM. Namun, Muliadi enggan menyebut nominal dana yang disiapkan untuk pengisian ATM tersebut secara rinci dengan alasan keamanan.

Sementara itu, Bank Negara Indonesia (BNI) telah menyiapkan dana hingga Rp 4,85 triliun. Dana sebanyak itu untuk mengisi sekitar 4.000 mesin ATM BNI yang tersebar di semua kota di Indonesia.

Corporate Secretary BNI Intan Katoppo mengakui, pihaknya sengaja menaikkan sekitar 30 persen lebih banyak terhadap persediaan uang tunai harian untuk seluruh mesin ATM-nya. Jumlah itu dari Rp 339 miliar menjadi Rp 441 miliar per hari. Penambahan ini dilakukan selama 11 hari mulai hari ini hingga 3 Januari 2010.

sumber: www.kompas.com