Budaya Terima Honor Sulit Dilepas dari PNS

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 28 Januari 2010 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 936 kali ditampilkan


Sekjen Departemen Keuangan Mulya P Nasution mengatakan, pejabat pemerintah sulit menolak honor di luar kewajiban sebagai pegawai negeri.

Menurut dia, hambatan terbesar mengubah budaya. Bila tidak menerima honor, maka kurang antusias dalam menjalankan tugas.

"Yang paling sulit adalah mengubah budayanya. Kadang-kadang kecil tapi seakan tambahan membuat rajin," ujar dia di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/1/2010).

Mulya menjelaskan, keputusan mendapat honor biasanya ditentukan saat ada pembentukan panitia atau komite seperti di lingkungan Departemen Keuangan. Usulan honor diajukan saat kepanitiaan itu terbentuk. "Secara teknis anggaran ini dikeluarkan oleh Dirjen Anggaran," imbuh dia.

Meski honor tidak memiliki standardisasi, nmamun besarnya jumlah honor yang diterima tergantung tanggung jawab yang diemban. Makin tinggi tangung jawabnya, maka makin besar honornya.

"Honor ini dianggap sebagai penghargaan, namun usulan penghapusan honor masih dibahas di Depkeu. Arahannya jika tidak dibutuhkan jangan diusulkan," pungkasnya. (ram)(ade)