Indahnya Kerajinan Kerang Dari Limbah

Diterbitkan oleh Redaksi pada Jumat, 23 Juli 2010 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 856 kali ditampilkan

Denpasar: Sejak lama Pulau Serangan di Denpasar, Bali, dikenal sebagai sentra kerajinan kerang. Salah satu pengrajinnya adalah I Made Kanan Jaya. Ia tidak menggunakan kerang utuh atau kualitas nomor satu, melainkan limbah kerang yang biasanya terbuang di
Denpasar: Sejak lama Pulau Serangan di Denpasar, Bali, dikenal sebagai sentra kerajinan kerang. Salah satu pengrajinnya adalah I Made Kanan Jaya. Ia tidak menggunakan kerang utuh atau kualitas nomor satu, melainkan limbah kerang yang biasanya terbuang di dasar laut.

Kerang terlebih dulu dibersihkan dengan sabun, lalu dibentuk sesuai dengan corak dan warnanya. Dari limbah kerang ini bisa dibuat aneka aksesoris perhiasan dan patung yang unik. Dibantu empat orang pengrajin yang kebanyakan masih anggota keluarganya, Made Kanan mengaku mampu membuat sedikitnya 200 buah kerajinan.

Sebelum tragedi bom Bali, Kanan Jaya mampu meraup omset Rp 15 juta per bulan. Namun, kini tidak sebagus itu, apalagi krisis global masih menghantam. Sebulan kini ia hanya mampu meraup Rp 3,5 juta. Harga kerajinan sendiri dijualnya antara Rp 20 ribu untuk aksesoris perhiasan sampai Rp 250 ribu untuk patung.

*www.liputan6.com