Kwarran Kundur Gelar Perkemahan HUT Ke 53 Pramuka

Diterbitkan oleh pada Ahad, 14 September 2014 09:17 WIB dengan kategori Karimun dan sudah 2.440 kali ditampilkan

Karimun--Kwartir Ranting (Kwarran) gerakan pramuka Kecamatan Kundur menggelar kegiatan perkemahan. Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 53 tahun 2014 itu, dilaksanakan di Bumi Perkemahan KM 5 Kelurahan Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundur.

Media pertemuan untuk pramuka tersebut berlangsung mulai tanggal 12 sampai 14 September 2014, diikuti 1.199 peserta yang diikuti 6 Kecamtana yaitu Kecamtan Kundur, Kundur Barat, Kundur utara, Belad, Ungar dan Durai, selain itu juga peserta dari Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau juga turut memeriahkan perkemahan tersebut, bahkan SKA Wirakartika yang dibawah naungan Kormail 03 Kundur turut serta dalam perkemahan tersebut.

Ketua panitia perkemahan Sazali menyampaikan, kegiatan perkemahan ini dapat memberikan pengalaman para peserta tentang pentingnya saling ketergantungan antara unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikan lingkungan serta mengembangkan sikap tanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memantapkan pembentukan karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi. Selamat HUT Pramuka ke 53 tahun 2014. Satu pramuka untuk satu Indonesia yang berkarakter. Satyaku darmakan, darmaku baktikan agar jaya Indonesia," kata Sazali kepada awak media, di sela-sela acara pembukaan perkemahan.

Lebih lanjut Sazali mengutarakan perkembahan tersebut juga dimerihkan dengan pesta Pramuka Siaga. Pesta Siaga  merupakan kegiatan berpesta ketrampilan dan pengetahuan untuk mengetahui sejauh mana anak – anak siaga dapat menyerap bekal  yang diberikan selama ini dari yahnda dan bunda di gugusdepan masing –masing.

"Pesta Siaga ini merupakan yang pertama kalinya kita laksanakan di Kwarran Kecamtan Kundur. Nantinya kegiatan tersebut akan terus kami tingkatkan dan kami laksankan lebih meriah lagi.

Menurut Sazali pesta siaga ini, diharapkan dapat mencetak generasi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada anak-anak serta generasi mudah.

" Seluruh peserta diharapkan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya pada pesta siaga ini," katanya.

Dalam sambutannya Ketua Kwarran Kecamatan Kundur H. Arifin Zainudin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kwarran, DKR dan pangkalan gugus depan bahwa di Kecamatan Kecmatan Kundur memperlihatkan kegiatan positif dengan mengadakan perkemahan.

"Pramuka kini menjadi kegiatan ektrakurikuler di tiap sekolah jadi gugus depan harus dihidupkan, para pembinanya harus ada dan didaftarkan di Kwarcab untuk dilatih Kursus Mahir Dasar (KMD). Dalam pramuka yang dibangun mental, akhlak, karakter, nilai-nilai sopan santun," ujar H. Arifin.

Menurutnya, kepramukaan memang kegiatan pendidikan karakter, terutama untuk anak-anak yang diawali dari usia 6 tahun dan merupakan kegiatan ekstra korikuler di sekolah. Sehingga dari kecil, sudah ditanamkan nila-nilai kebangsaan, nilai-nilai patriotik.

"Memang sejak dari kecil mulai umur 6 tahun dan peserta didik itu berakhir pada umur 27 tahun. Sehingga ada siaga, penggalang,  penengak dan pandika. Sementara untuk Pembina terbagai 2 yakni pembina dan pelatih. Dimana Pembina berada di gugus depan sedangkan pelatih itu selain membina gugus depan dia juga menyiapkan calon-calon Pembina,’’ tandasnya. (harja)