Wagub Kepri Ingatkan Pentingnya Keamanan Informasi

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 9 Oktober 2014 14:48 WIB dengan kategori Batam dan sudah 667 kali ditampilkan

BATAM - Di era keterbukaan informasi saat ini, setiap lembaga negara dituntut untuk membuka informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Namun demikian, sisi lainnya, keamanan informasi juga penting dilakukan untuk menjaga kestabilan.

 

“Hal ini sepintas terlihat bertolak belakang. Namun, jika kebebasan mendapatkan informasi tanpa aturan akan membahayakan bagi negara,” kata Wakil Gubernur Kepri Dr.Soerya Respationo,SH MH saat memberikan materi dalam seminar kesadaran keamanan informasi se-Sumatera, di Hotel Swissbel, Rabu (9/10).
 
Saat ini, pemerintah telah menerapkan sistem e-goverment dalam setiap pengadaan barang dan jasa. Upaya ini merupakan wujud dari transparansi dan pencegahan tindak pidana korupsi dalam hal pengadaan barang dan jasa serta penggunaan anggaran lainnya.
 
Namun, upaya proteksi terhadap program elektronik yang memuat informasi dikecualikan juga harus diperhatikan. “Agar informasi penting ini tidak jatuh ketangan pihak yang tidak bertanggungjawab,” kata Soerya.
 
Pemerintah daerah, sambungnya, juga harus sejalan dengan hal ini. Sebab, informasi yang dimiliki oleh pemda, sangat erat kaitannya dengan keamanan nasional. “Maka dari itu, kami siap bekerjasama dengan seluruh lembaga negara baik pusat dan daerah. Sehingga, informasi yang benar-benar rahasia dapat diamankan,” pungkasnya.