Barcelono Beri Dukungan untuk Kemerdekaan Catalunya

Diterbitkan oleh Redaksi pada Sabtu, 11 Oktober 2014 13:59 WIB dengan kategori Olah Raga dan sudah 1.143 kali ditampilkan

Meski mendapat ancaman didepak dari La Liga, klub Camp Nou telah menandatangani pakta untuk mendukung referendum.

 

Barcelona akhirnya memberikan dukungan kepada Catalunya untuk memerdekakan diri dari Spanyol. Sebelumnya, rencana Catalunya merdeka membuat skuat Luis Enrique terancam akan didepak dari La Liga, seperti yang diungkapkan Spanish Football League (SFL) beberapa waktu lalu. Pernyataan tersebut tampaknya membuat klub Camp Nou menolak menunjukkan dukungan terhadap kemerdekaan Catalunya dan mereka mendapat kritik dari sejumlah fans karena bungkam terhadap isu sensitif tersebut menyusul pertemuan para petinggi klub awal pekan kemarin.


Namun, Barca akhirnya menunjukkan sikap jelang referendum yang akan digelar pada 9 November, dengan besar kemungkinan Catalunya akan memisahkan diri secara penuh dari Spanyol. “FC Barcelona telah menandatangani perjanjian nasional Catalunya untuk menentukan nasib sendiri,” demikian pernyataan dalam laman resmi mereka.
“FC Barcelona menuntaskan adhesi mereka dalam surat resmi dari presiden Josep Maria Bartomeu kepada koordinator perjanjian Joan Rigol. “Perjanjian tersebut menyatukan lebih dari 3.500 organisasi dan asosiasi dari berbagai macam posisi sosial dan politik yang mendukung hak rakyat Catalunya untuk menentukan nasib sendiri.”

Defender Barcelona Gerard Pique sebelumnya menjadi sorotan dalam pertandingan internasional karena secara terbuka menunjukkan dukungan untuk kemerdekaan Catalunya. Jika La Liga menolak Barcelona di kompetisi mereka menyusul kemerdekaan, Ligue 1 Prancis disebut-sebut bakal menjadi destinasi Blaugrana untuk mengikuti kompetisi.

*http://www.goal.com/sepakbola-spanyol