Ing Iskandarsyah: Pilkada Tak Langsung Dipraktekkan Negara Modern

Diterbitkan oleh Redaksi pada Sabtu, 11 Oktober 2014 07:09 WIB dengan kategori Tanjungpinang dan sudah 1.130 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Iskandarsyah menilai pilkada melalui DPRD adalah yang terbaik untuk dilaksanakan di Indonesia karena tidak ada negara modern menggunakan metode pilkada langsung.



"Saya pernah tinggal di Belanda dan Jerman, tidak ada pemilihan langsung, mereka moderen dan pendidikan tinggi," kata Iskandarsyah di Tanjungpinang, Sabtu.

Sebagai negara yang menganut sistem presidensial, kata dia, gubernur adalah perpanjangan tangan Presiden sebagai bagian NKRI, sehingga  pemilihannya pun tidak dikembalikan seutuhnya kepada rakyat.

Selain itu pilkada langsung juga dinilai sebagai bentuk pemborosan. Contohnya saja, Pemilu 2010 di Kepri menghabiskan APBD Rp50 M lebih.

Sayangnya, anggaran yang relatif besar itu tidak berbanding lurus dengan pemimpin yang dihasilkan. Apalagi pengalaman di Kepri, tingkat kesertaan masyarakat hanya 55 hingga 60 persen.

"Pemilih yang ikut mencoblos juga kebanyakan tidak paham siapa calon pemimpin mereka, makanya sebaiknya diwakilkan," kata pria yang diusung Partai Keadilan Sejahtera itu.

 

http://kepri.antaranews.com/berita/30724/legislator-negara-modern-tidak-kenal-pilkada-langsung