BMKG Prediksikan Natuna Musim Penghujan

Diterbitkan oleh Kasmadi pada Selasa, 11 November 2014 05:49 WIB dengan kategori Natuna dan sudah 1.078 kali ditampilkan

NATUNA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ranai memprakirakan untuk satu minggu ke depan, wilayah Natuna dan sekitarnya mengalami peningkatan curah hujan.


"Untuk satu minggu ke depan, wilayah Natuna dan daerah sekitarnya termasuk Anambas, terjadi peningkatan curah hujan dibandingkan dengan waktu sebelumnya," ungkap Prakirawan Stasiun Meteorologi Ranai, Asrul Saparuddin, Senin.

Hal ini jelas Asrul, dipengaruhi beberapa faktor, seperti suhu permukaan Laut Tiongkok Selatan dan Laut Natuna yang masih panas dengan kisaran 28 hingga 31 derajat Celcius. .

Kemudian, terbentuk pusaran angin level atas sehingga terjadi pumpunan awan di wilayah Natuna dengan tinggi gelombang laut berkisar 1 hingga 2,3 meter, terutama di wilayah Natuna bagian barat. Sedangkan untuk wilayah laut Natuna bagian selatan mencapai gelombang 1 hingga 2,5 meter

Sedangkan untuk arah dan kecepatan angin untuk satu minggu kedepan, lebih bersifat variabel yang terjadi dari arah selatan hingga barat daya. Dan untuk tiga hari terakhir, arah angin dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 8 hingga 40 kilometer/jam yang bisa terjadi malam dan siang hari. (Antara)