Wakil Bupati Kukuhkan Pengurus FPK

Diterbitkan oleh Admin pada Selasa, 11 November 2014 16:45 WIB dengan kategori Karimun dan sudah 1.222 kali ditampilkan

KARIMUN - Pentingnya membangun sarana komunikasi antar etnis di Kabupaten Karimun sebagai sarana menjaga kerukunan masyarakat, mendorong munculnya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), yang kelahirannya dibidani Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa (BPMPD dan Kesbang) Kabupaten Karimun.

 

FPK diminta lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan pencerahan kepada masyarakat, tentang arti penting kerukunan dalam kerangka kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Ketua pelaksana Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa (BPMPD dan Kesbang) Kabupaten Karimun, Hurnaini mengatkan bahwa tujuan terbentuknya forum ini salah satunya untuk menjaga kewaspadaan dini, menampung, dan mengkoordinir aspirasi masyarakat. 

 

Lebih lanjut Hurnaini mengukapkan pengukuhan FPK ini, ada sekitar 3 kecamatan yang bersama dilantik pada hari ini sebagai pengurus FPK, dan memiliki komitmen kuat untuk menjalin komunikasi aktif demi majunya Karimun.

 

"Kita hari ini mengukuhkan di tiga kecamatan, pertama kecamtan Kundur utara, Kecamatan Belad dan Kecamatan Ungar. Kita juga berharap forum ini dapat bekerjasama dengan baik bersama pemerintah,“ ujar Hurnaini, saat pelaksanan pengukuhan pengurus FPK di Kecamtan ungar, Selasa (11/11).

 

Sementara itu Wakil Bupati Karimun H. Aunur Rafiq mengatakan FPK adalah wadah yang dibentuk pemerintah sesuai dengan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah, sebagai wujud penghargaan terhadap kemajemukan masyarakat. Tujuannya untuk membantu program pemerintah, memberikan masukan dalam perencanaan pembangunan ke depannya.

 

Lebih lanjut Rafiq mengukapkan dalam rangka menjaga dan memilihara persatuan dan kesatuan  bangsa serta tetap tegaknya Kedaulatan NKRI, maka perlu adanya Pembaruan Kebangsaan yang merupakan bagian penting dari kerukunan nasional, yang didukung oleh masyarakat dan pemerintah dengan koordinasi yang baik antar aparat Pemerintah Daerah dan instansi terkait didaerah secara profesional.

 

"Kedepannya forum ini dapat menjadi lembaga yang aktif dalam membantu meningkatkan kondusifitas wilayah, keamanan dan kerukunan masyarakat demi tetap tegaknya kedaulatan NKRI," pintanya.