Wadek Fekon UNRIKA Nilai Harga BBM Layak Dinaikkan

Kamis, 20 November 2014 16:31 WIB
1076x ditampilkan Batam

BATAM - Pemerintah RI yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo telah menaikkan harga BBM premium dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 dan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500. Berbagai tanggapan dari masyarakat baik yang pro maupun yang kontra terus berkelanjutan, demonstrasi terjadi dimana mana, namun ada juga masyarakat yang mendukung kebijakan Jokowi tersebut.

 
Pakar ekonomi Batam, Ramon Zamora adalah salah satu oarang yang mendukung kebijakan kenaikan harga BBM, wakil dekan fakultas ekonomi UNRIKA Batam ini mengatakan bahwa kebijakan tersebut telah tepat karena selama ini subsidi BBM bukan masyarakat kecil yang menikmati tetapi tak terkendali karena banyaknya mafia MIGAS yang terselubung dengan rapi dan sulit terdeteksi.

"Kenaikan BBM ini bagi saya tidak terlalu membebankan masyarakat karena pemerintah telah menghitung segala resiko dan kemungkinan akibat kebijakan ini, kita sebagai masyarakat harus mendukung tujuan dialihkannya subsidi BBM tersebut dari masyarakat konsumtif ke masyarakat produktif"katanya.

Memang kebijakan jokowi tersebut menimbulkan banyak pendapat yang berbeda, kenaikan BBM tersebut dinilai sebagian kalangan tidak tepat karena saat ini harga minyak mentah dunia sedang turun ditambah lagi efek dari kenaikan tersebut juga berimbas pada kenaikan barang kebutuhan masyarakat.