Warga Buang Sampah di Aliran Sungai Daik

Diterbitkan oleh Redaksi pada Sabtu, 6 Desember 2014 08:46 WIB dengan kategori Lingga dan sudah 875 kali ditampilkan

LINGGA - Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan Sungai Daik masih minim. Pasalnya, banyak Warga buangsampah di aliran sungai tersebut.


 


Kondisi ini membuat Badan Lingkungan Hidup (BLH) jadi Geram. Untuk menjaga daerah aliran sungai, BLH mengimbau warga untuk buang sampah pada tempatnya.


 

Sekretaris BLH Kabupaten Lingga Nurdinar mengatakan daerah aliran sungai merupakan sumber kehidupan bagi khalayak banyak. Apalagi Sungai Daik merupakan aliran sungai yang memiliki fungsi cukup banyak bagi masyarakat yang tinggal di Daik.


 

"Memang, kesadaran masyarakat masih minim. Tapi kita perlu melakukan pendekatan. Agar warga tidak lagi buang sampah di daerah aliran Sungai Daik," ujarnya, Jum'at (5/12).


 

Upaya untuk peningkatan kesadaran warga, terutama bagi warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai Daik, kata Nurdinar, pihaknya akan melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan terutama kebersihan daerah aliran sungai.
Upaya tersebut, kata Nurdinar diupayakan pada tahun 2015 mendatang.


"Ya upaya kita sosialisasi dulu. Karena tidak begitu mudah untuk melarang warga buang sampah ke sungai. Nanti kita pasang juga papan pengumuman untuk tidak buang sampah di sekitar sungai," ujarnya.