Gelombang Laut Natuna Capai 4 Meter

Diterbitkan oleh Redaksi pada Sabtu, 20 Desember 2014 05:22 WIB dengan kategori Natuna dan sudah 1.035 kali ditampilkan

NATUNA - Badan Meteorologi, Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) stasiun Ranai menyampaikan, bahwa gelombang laut Natuna hingga satu pekan ke depan mencapai 2 hingga 4 meter.



"Gelombang laut setinggi itu sangat membahayakan bagi nelayan dan pengguna transportasi laut," ungkap Prakirawan BMKG Ranai Asrullah di Ranai.



Dari data analis katanya, terdapat daerah bertekanan rendah di perairan Natuna yang menyebabkan angin dari arah utara sedikit berkurang, sehingga menimbulkan gelombang tinggi dari biasanya.



"Hal ini berlangsung tiga hari ke depan. Akan tetapi angin sewaktu-waktu bisa bertiup kencang terutama di waktu malam hingga pagi dan menimbulkan gelombang tinggi saat itu," katanya.



Sedangkan untuk satu minggu ke depan, terutama pada 23 Desember tambahnya, tinggi gelombang sedikit menurun dari 1 hingga 3 meter. Dan arah kecepatan angin lebih cenderung dari arah utara dan timur laut dengan kecepatan maksimum 10 hingga 30 Km/jam.



Untuk suhu udara berkisar rata-rata 26 hingga 31 derajat Celcius. Dan arus permukaan laut untuk satu minggu ke depan berkisar 35 hingga 75 CM.



"Sekarang ini cuaca dalam kondisi buruk. Diharapkan kepada masyarakat terutama bagi nelayan dan pengguna transportasi laut agar berhati-hati dan tetap selalu waspada. Sebab sekarang ini angin kencang bisa terjadi secara tiba-tiba," pungkasnya. (Ant)