Thailand Juarai Piala AFF 2014, Penantian 12 Tahun Berakhir

Diterbitkan oleh pada Ahad, 21 Desember 2014 13:07 WIB dengan kategori Olah Raga dan sudah 591 kali ditampilkan

Skuad Harimau Malaya (Malaysia) dipaksa takluk atas Thailand pada perebutan gelar juara piala AFF 2014 yang digelar Sabtu (20/12).

 

Walaupun menang dengan skor 3-2, tapi skuad asuhan Dollah Saleh kalah agregat 3-4 dari skuad Kiatisuk Senamuang. Pelatih yang pernah menjadi bagian dari tim Thailand pada Piala AFF 1996 dan 2002 ini, menjadi orang pertama yang mempersembahkan trophy AFF sebagai pemain dan pelatih. Gelar ini juga mengakhiri penantian panjang 12 tahun Thailand sejak menjuarai kejuaraan ini 2002 silam.

 

Sebelumnya pada final leg pertama kubu Thailand berhasil mempercundangi Malaysia dengan skor 2-0 di Bangkok. Pertandingan leg kedua berlangsung seru karena kedua tim bermain ngotot dan habis-habisan. Walaupun tim Malaysia berhasil menang di kandang sendiri dengan skor 3-2, namun asa untuk kembali merengkuh juara harus kandas.

 

Meski kalah, Perdana Menteri Malaysia Tun Najib Razak mengapresiasi kinerja timnya. "Kami kalah, tapi saya bangga dengan kinerja tim. Insya Allah mereka akan unggul di masa depan." ucap sang pemimpin Negeri Jiran itu.

 

Sementara tim Thailand merayakan kegembiraannya sebagai pemenang. Penjaga Gawang Kawin Thamsatchanan bahkan membawa pigura berisi foto Raja Thailand, Shumibol Adulyadej sebagai selebrasi kegembiraannya.

 

Selain menggondol piala juara, pemain Thailand juga dinobatkan sebagai pemain terbaik yaitu Chanatip Songkrasin, sedangkan pemain Malaysia Safiq Rahim menjadi top scorer dalam turnamen ini.