Malware "Gadis Mabuk" di Akun Facebook Anda, Ini Cara Menghentikannya

Diterbitkan oleh pada Selasa, 23 Desember 2014 19:33 WIB dengan kategori Teknologi dan sudah 769 kali ditampilkan

Bagi Anda pengguna media sosial Facebook pasti tahu akhir-akhir ini malware "Gadis Mabuk" beredar. Walau sudah masuk 2 mingguan, sepertinya hingga saat ini belum ada tanda-tanda berhenti.

Sebuah perusahaan keamanan jaringan Vaksincom menyebutkan malware tersebut tidak memanfaatkan aplikasi dari Facebook, melainkan menyebarkan diri melalui extension yang ada di peramban.

 

Menurut pengamatan Vaksincom, sejak 13 Desember lalu penjahat siber ini mulai mengeluarkan malware dengan varian baru dan mengeksploitasi peramban Firefox buatan Mozilla. Sebelumnya mereka membuat hal serupa untuk peramban Google Chrome.

 

Jika korban mengklik tautan "Gadis Mabuk" yang tersebar di akun Facebook lain, maka mereka akan diarahkan ke situs phising mirip Youtube. Tujuannya adalah mengelabui korban, kemudian mereka diminta untuk menginstall extension untuk menonton video tersebut.

 

Bahkan, apabila korban mengabaikannya, secara otomatis peramban akan menginstall extension bernama "Full Screen 4.0". Malware inilah yang kemudian akan secara otomatis melalukan auto-post malware "Gadis Mabuk" di akun Facebook korban.

 

Bagi Anda yang sudah terlanjur terjangkit, Vaksincom menyarankan untuk melakukan langkah-langkah berikut (khusus pengguna Firefox):

1. Buka peramban

2. Ketik "about:addons" kemudian akan terbuka halaman extension

3. Cari ekstension "Full Screen 4.0" dan klik tombol remove

4. Restart peramban

5. Demi keamanan segera ubah password akun Facebook Anda

6. Untuk menghindari hal serupa, jangan pernah klik link di social media yang menurut Anda mencurigakan

 

*Vaksincom