Dinas Kebersihan Batam Komitmen Selesaikan Masalah Sampah

Diterbitkan oleh Redaksi pada Rabu, 31 Desember 2014 14:11 WIB dengan kategori Batam dan sudah 1.129 kali ditampilkan

BATAM - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Kepulauan Riau berkomitmen untuk menyelesaikan masalah sampah warga yang tidak terangkut sepanjang Libur Natal pada pekan ini.



Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam Yudi Atmaji di Batam, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan penempatan personel pengangkut sampah di Kecamatan Batam Kota dan Nongsa.

"Saat ini tetap sampah tetap kami angkut, kami kerahkan semua tenaga. Tapi sambil jalan kami juga siapkan personil baru," kata dia.

Kontrak kerja sama Pemkot Batam dengan pihak swasta PT Royal Gensa Asih (RGA) untuk mengelola sampah di enam kecamatan sudah hampir berakhir. Jumlah volume sampah yang disepakati juga sudah hampir terpenuhi seluruhnya, sehingga ada beberapa daerah yang sampahnya tidak terangkut, yaitu Nongsa dan Batam Kota.

Kecamatan Nongsa dan Batam Kota sengaja dipilih untuk tidak diangkut swasta, karena kedua kecamatan itu tengah persiapan mengelola sampah sendiri bersama kecamatan Sei Beduk.

Sedangkan pengelolaan sampah di tiga kecamatan lain, Bengkong, Batuampar dan Lubuk Baja tetap akan diserahkan pada swasta melalui lelang, sehingga sampahnya hingga kini masih diurus pihak swasta.

"Kontrak kami sesuai volume yang diangkut. Waktunya pun berakhir hingga 31 Desember. Karena itu mereka fokus di tiga kecamatan yang akan dilelang tahun depan," kata dia.

Mengenai swakelola sampah, ia mengatakan masih mempersiapkan segala sesuatunya seperti tenaga angkut serta peralatan dan perlengkapan pengangkut sampah agar mulai 2015 tiga kecamatan sudah bisa mengelola limbah sendiri.(Antara)