UMRAH Perkuat Fakultas Teknik dan Kelautan

Diterbitkan oleh Dachroni pada Rabu, 7 Januari 2015 06:22 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 842 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Masuknya Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) ke dalam 10 universitas di Tanah Air untuk mengikuti Konsorsium Pendidikan Teknik Indonesia - Perancis yang direncanakan MoU Maret 2015, membuat Umrah memperkuat Fakultas Teknik dan Kelautan.



"Saat ini kita sedang memperkuat fakultas teknik dan kelautan, agar program yang diterapkan di Umrah bisa dipandang dan diterima dalam konsorsium di Perancis," ucap Rektor Umrah, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc.

Sehingga, jika mahasiswa Umrah ingin melanjutkan ke perguruan tinggi yang ada di Perancis, mereka bisa langsung diterima.

Ditambah lagi, seandainya Umrah bisa secara cepat merancang program S2 maka pihaknya bisa melakukan double degree dengan sistem pendidikan 1 tahun di Indonesia dan 1 tahun di Perancis.

"Dengan catatan, kurun waktu 1 tahun di Perancis itu, mahasiswa hanya melanjutkan pendidikan tanpa harus mengulang," paparnya.

Sementara untuk urusan biaya, tambah Syafsir, sejak 2 tahun lalu, pemerintah  Indonesia dan Perancis sudah menyiapkan beasiswa campuran per individu mahasiswa, dengan rincian, biaya hidup ditanggung Indonesia dan
biaya  kuliah ditanggung Pemerintah Perancis sebesar EUR 700 per bulan hingga selesai S2.