Gedung Pendidikan Kader Ulama Sumut Diresmikan

Diterbitkan oleh Dachroni pada Jumat, 9 Januari 2015 19:33 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 684 kali ditampilkan

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin bersama Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, meresmikan Gedung Pusat Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI Sumut, di Medan, Jumat.


Kehadiran pusat pendidikan yang dibangun berdampingan dengan kantor MUI Sumut tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi untuk banyak melahirkan ulama muda Sumut untuk masyarakat.

Din mengatakan, mengusai semua ilmu aspek keislaman adalah merupakan suatu keharusan bagi seorang ulama, namun yang tidak kalah pentingnya adalah juga menguasai ilmu-ilmu lainnya seperti sosiologi dan antropologi.

Karena dengan menguasai sosiologi maupun antropologi, seorang ulama mampu membaca permasalahan yang terjadi di tengah-tengah umat, baik permasalahan yang berkaitan dengan ekonomi, politik maupun budaya.

Karena harus disadari bahwa pada era globalisasi ini, berbagai kemajuan serta tantangan juga terus dihadapi umat, terutama masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Artinya, kehadiran ulama di tengah-tengah umat sangat dibutuhkan. Ulama diharapkan tidak hanya sekadar mampu membaca realitas kehidupan yang sering kali berubah seiring dengan perkembangan zaman, melainkan juga mampu mencermati dan meresponsnya. (ANT)