Semua Peguruan Tinggi Punya Kesempatan Sama untuk Berkembang

Diterbitkan oleh Redaksi pada Ahad, 18 Januari 2015 14:16 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 877 kali ditampilkan

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Muhammad Nasir menyatakan, saat ini semua perguruan tinggi memiliki kedudukan yang sama dalam hal membangun pendidikan tinggi. Tidak ada lagi dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Ini dimaksudkan agar semua perguruan tinggi memiliki kesempatan yang sama dan saling berlomba dalam hal perkembangan pendidikan tinggi,” tegasnya saat melakukan kunjungan kerja di Universitas Jember, Jawa Timur, Sabtu (17/1/2015).

Menurutnya, tidak adanya dikotomi antara PTN dan PTS itu dibuktikan dengan pembubaran Kopertis yang selama ini mengelola PTS. Nantinya semua perguruan tinggi akan diakomodir dalam lembaga baru, yakni Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT).

Dia berharap, perguruan tinggi yang sudah maju harus bisa menjadi daya ungkit untuk perguruan tinggi yang masih dalam proses berkembang.

“Jangan sampai jarak antara perguruan tinggi yang sudah maju dengan yang masih berkembang terlampau jauh. Perguruan tinggi yang sudah maju harus membantu yang masih berkembang agar pendidikan tinggi kita merata,” terangnya.

Kata dia, cita-cita besar yang hendak dibangun untuk pendidikan tinggi di Indonesia adalah, perguruan tinggi yang sudah maju harus mampu bersaing menjadi perguruan tinggi maju di dunia lainnya.

“Jadi perguruan tinggi yang sudah maju harus menjadi perguruan tinggi top world. Sementara perguruan tinggi yang masih berkembang akan menjadi perguruan tinggi yang maju di Indonesia,” harapnya.

(Okz)