BMKG Himbau Masyarakat dan Kapten Kapal Feri Waspadai Arus Laut

Jumat, 13 Februari 2015 10:05 WIB
443x ditampilkan Lingga

LINGGA - Kondisi waspada bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lingga dalam menjalankan aktivitas di laut begitu juga kepada kapten kapal feri yang melintas di perairan Kabupaten Tanah Bunda Melayu ini.

 

Pasalnya ketinggian maksimal gelombang air laut mencapai tiga meter. Hal ini dinyatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Dabo Singkep, Kamis (12/2).


Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Dabo Singkep, Octo Mario, menyatakan arus laut untuk kawasan Lingga, Singkep, Singkep Barat dan Senayang adalah arus laut arah utara dengan kecepatan 40 centimeter per detik.


Sehingga untuk wilayah ini BMKG mengeluarkan peringatan waspada dan diminta lebih berhati-hati terhadap arus laut dan gelombang yang cukup kuat serta angin kencang yang menerpa seluruh kawasan perairan Lingga.


Namun di kawasan Lingga utara arus laut sedikit berbeda dengan arah Barat Laut dan kecepatan 25 centimeter per detik. Hal ini dinilai berbeda dengan wilayah lainnya di Kabupaten Lingga.


”Kondisi cuaca ini masih tergolong kondusif bagi transportasi udara dan darat,” kata Octo melalui saluran telepon, Kamis (12/2).


Untuk arah angin yang berhembus, saat ini di seluruh wilayah Kabupaten Lingga adalah angin utara dengan kecepatan 5 sampai 30 kilometer per jam. Kecepatan angin ini tergolong tiupan angin kencang dibanding dengan kondisi cuaca sebelumnya.