18 Kapal Nelayan Thailand di Perairan Natuna Diamankan TNI Angkatan Laut

Diterbitkan oleh pada Rabu, 13 Mei 2015 13:30 WIB dengan kategori Natuna dan sudah 1.447 kali ditampilkan

NATUNA - Sedikitnya terdapat 18 unit kapal nelayan Thailand yang diamankan oleh TNI Angkatan Laut. Adapun modus operandi nelayan asing ini dengan cara menggunakan kapal milik Indonesia, namun seluruh crew-nya berasal dari Thailand. beberapa unit kapal diantaranya telah ditenggelamkan.


 

“Indonesia ini kan Negara maritim. Kepulauan Riau sendiri luas lautnya mencapai 96 persen, dan laut itu adalah sumber ekonomi yang sangat potensial dan besar untuk kita kembangkan. Oleh sebab itu, kita berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada teman-teman di Angkatan Laut yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik selama ini dengan melakukan penangkapan dan menenggelamkan beberapa kapal nelayan asing yang mencuri ikan di laut Natuna. Hal hal ini perlu kita dukung terus dengan cara apapun juga yang sekiranya bisa kita lakukan bersama pemerintah daerah,” ujar Jumaga Nadeak.   

 

 

Lebih jauh, Jumaga juga mengusulkan agar kapal-kapal nelayan asing yang berhasil diamankan oleh TNI AL tersebut tidak serta-merta ditenggelamkan begitu saja. Namun dia mewacanakan, alangkah baiknya jika kapal hasil tangkapan tersebut, terutama yang speknya memadai bisa diserahkan kepada koperasi nelayan setempat. Dengan demikian maka akan bisa menambah meningkatkan kesejahteraan nelayan.

 

“Saya punya wacana demikian. Sayang kalau kapal-kapal itu ditenggelamkan. Maka saya berfikir alangkah baiknya jika kapal tangkapan yang masih bagus diserahkan saja kepada koperasi nelayan setempat. sehingga mereka bisa meningkatkan produksi tangkapannya. Namun, menyangkut hal ini mesti kita pelajari dulu mekanismenya di Kejari setempat, begitu juga bagaimana dengan aturan main di Lantamalnya. Jika ternyata hal itu memungkinkan, maka hal itu akan menjadi modal kekuatan juga bagi para nelayan kedepannya,” kata Jumaga.