Dompet Dhuafa Memfokuskan Bantuan dengan Kegiatan Belajar Kepada Pengungsi Rohingya

Diterbitkan oleh pada Senin, 25 Mei 2015 05:52 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 680 kali ditampilkan

Dompet Dhuafa terus menyalurkan bantuan terhadap pengungsi etnis Rohingnya di Posko Kuala Langsa, Aceh Timur (Minggu, 24/5). Bantuan logistik untuk pengungsi telah disalurkan oleh Dompet Dhuafa kepada pengungsi etnis Rohingnya tersebut. Kini, Dompet Dhuafa memfokuskan bantuan dengan membuat kegiatan belajar-mengajar di posko setempat.


Kegiatan belajar mengajar dilakukan oleh tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhufa dengan dibantu oleh tim Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). Dompet Dhuaf membuat kegiatan di pengungsian antara lain rumah ceria, sekolah pengungsi, dan mengadakan kegiatan tadarus.



"Tujuan dari kegiatan tersebut adalah menghidupkan suasana di tempat pengungsian, karena bagi pengungsi setiap hari adalah hari libur," papar Staf Advokasi Kebijakan Publik Dompet Dhuafa, Rama Ari Wibowo dalam rilisnya, Senin (Senin, 25/5).



Selain itu, Koordinator Aksi DMC Dompet Dhuafa, Iskandar menerangkan, di setiap kegiatan tim DMC Dompet Dhuafa juga mengenalkan pengungsi dengan bahasa Indonesia. Hal tersebut dilakukan guna menjalin komunikasi yang baik antara pengungsi dan relawan.



"Kendala antara pengungsi dan pekerja kemanusiaan di sini adalah komunikasinya," papar Iskandar.



Hal berbeda terlihat Minggu siang, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke posko pengungsian yang berada di wilayah Kuala Langsa, Aceh Timur. Tak lupa, Menteri Sosial tersebut juga mengunjungi posko Dompet Dhuafa yang tengah berkegiatan bersama anak-anak pengungsi.



"Pengungsi kian ceria setelah Bu menteri datang menyapa," jelas Direktur DMC Dompet Dhuafa, Asep Beni menambahkan.



Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Wakaf, Infaq, Shadaqah, Wakaf serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 21 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR. [rmol/rus]