Aplikasi Untuk Mempermudah Kita Mudik

Jumat, 3 Juli 2015 02:29 WIB
464x ditampilkan Teknologi

Sejak dulu, pulang kampung atau mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Untuk merencanakan perjalanannya, banyak hal harus disiapkan, mulai barang bawaan hingga kesehatan fisik.


Menariknya, di zaman serba didukung teknologi seperti saat ini, ponsel cerdas Android memberi porsi tersendiri untuk mendukung perjalanan mudik. Beberapa aplikasinya dinilai dapat memudahkan urusan pulang kampung tersebut. Berikut daftarnya:

 

Aplikasi pemesanan tiket dan HOTEL

 

Jelang Lebaran atau Hari Raya lainnya, hal pertama yang akan diburu masyarakat untuk keperluan mudik ialah tiket pesawat dan kereta api. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi yang berkaitan dinilai memudahkan rencana perjalanan mereka ke kampung halaman.

 

Beberapa aplikasi tersebut, diantaranya Traveloka – Flight & HOTEL yang menawarkan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel,  aplikasi Tiket Kereta Api - Tiket KAI yang menawarkan tiket dan rute perjalanan dengan Kereta Api dan aplikasi Tiket.com yang tak hanya menawarkan kemudahan pembelian tiket pesawat dan kereta api tapi juga hotelnya.

 

Harga tiket yang unik dan sering berubah-ubah membuat calon pembeli harus sering memeriksa situs penyedia tiket. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, pengguna mudah memeriksa harga tiket di manapun dan kapanpun. 

 

Selain itu, pengguna tidak akan melewatkan informasi saat promo khusus. Untuk itu, dapatkan harga terbaik sebelum musim mudik tiba!

 

Shutterstock Navigasi penting bagi Anda yang sedang berada dalam perjalanan, apalagi bila mudik tahun ini merupakan pengalaman pertama.

Aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi

 

Bagi pengemudi, aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi menjadi pegangan wajib. Navigasi penting bagi Anda yang sedang berada dalam perjalanan, apalagi bila mudik tahun ini merupakan pengalaman pertama.

 

Beberapa aplikasi yang menawarkan layanan itu ialah Google Map, Waze Social GPS Maps & Traffic, serta LewatMana. Cara menggunakannya cukup mudah. Pengguna hanya memasukkan tujuan pada fitur pencariannya. Secara otomatis, peta beserta rute perjalanan akan tersedia.

 

Beberapa layanan menawarkan fitur yang cukup unik. Seperti Waze, misalnya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar informasi seputar keadaan perjalanan dan lalu lintas secara real-time. Yang menarik, saat ada razia polisi, kecelakaan atau kondisi lainnya dapat diterima dengan cepat oleh pengguna lainnya.

 

Berbeda lagi dengan LewatMana. Aplikasi satu ini salah satu kelebihannya ialah terdapatvideo streaming yang terintegrasi dengan pantauan CCTV milik TMC Polda Metro Jaya. Pengguna dapat memantau saat berada dalam perjalanan mudik untuk menghindari kemacetan.

 

Shutterstock Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.

Aplikasi untuk memaksimalkan perjalanan Anda

 

Tiap orang menginginkan perjalanan mudiknya berjalan aman dan menyenangkan. Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya yang menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.

 

Selain itu, aplikasi lainnya yang mungkin berguna saat berada di perjalanan ialah Tips P3K yang menampilkan informasi memgenai pertolongan pertama untuk orang lain dan diri sendiri. Tak ada yang dapat meramalkan bahwa perjalanan akan terhindar dari kecelakaan, bukan?

 

Terakhir, aplikasi yang mungkin Anda butuhkan ialah penghemat baterai ponsel, DU Battery Saver. Melalui mode pengelolaan daya cerdas bawaannya, baterai ponsel dapat bertahan lebih lama bahkan mencapai 50 persen.

 

Masih banyak aplikasi Android lain yang dapat memudahkan perjalanan mudik. Di toko aplikasi seperti MoboMarket, misalnya, Anda dapat mencari dengan kata kunci mudik, lebaran, dan lainnya.(kms)