KMP Tidak Berminat Masuk Kabinet Jokowi

Jumat, 24 Juli 2015 15:22 WIB
892x ditampilkan Nasional

Kabar reshuffle kabinet terus berhembus dua bulan terakhir ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih lebih banyak diam menanggapi kabar pergantian menteri di kabinet kerja.


PDIP salah satu yang paling mendesak Jokowi untuk segera lakukan reshuffle. Bahkan PDIP tak masalah jika nanti, partai di Koalisi Merah Putih (KMP) dapat jatah di kabinet.

Namun rupanya, niat baik PDIP memberikan jatah di pemerintahan tak disambut baik oleh KMP. Setidaknya oleh adik Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo.

Menurut Hashim, lebih baik KMP tetap berada di luar pemerintahan sebagai pengawas kinerja eksekutif. Jika program pemerintah baik, KMP harusnya mendukung.

"Ya saya kira mungkin lebih baik kalau saya pribadi lebih baik ada yang di luar supaya bisa jadi penyeimbang. Jadi lebih elok KMP di luar pemerintah. Tapi ikut dukung pemerintah kalau ada progam pemerintah yang bagus," jelas Hashim di Istana Negara, Kamis (23/7).

Hashim menegaskan, posisi KMP lebih baik berada di luar pemerintahan ketimbang bergabung. Meski begitu, lanjut dia, hubungan KMP dengan pemerintah tetap bejalan baik.

"Menurut saya progam pemerintah banyak yang bagus. Kalau KMP masuk pemerintah nanti tidak ada oposisi, tak ada cek and balances. Saya kira Pak Jokowi tahu itu, kami tetap bersahabat meskipun kami di luar," tutupnya.(merdeka)