Pemko Batam Akan Swastakan Pasar Induk Jodoh

Ahad, 6 September 2015 09:31 WIB
1065x ditampilkan Batam

BATAM - Terkait wacana perubuhan Pasar Induk Jodoh (PIJ) Pemko Batam juga mengeluarkan sinyal bawa kemungkinan PIJ akan dikelola oleh swasta.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat pasar koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMKM-UKM), Febrialin Razak  menegaskan bahwa langkah ini bisa diambil karena mengacu pada Permen Bapenas. Selain itu bentuk kerjasama seperti ini bisa dilakukan dalam 2 pola. Yaitu pemprakarsa adalah pihak pemda ataupun yang kedua pemprakarsa adalah badan hukuk usaha atau badan usaha (swasta).

 

“Jika dikelola oleh Pemda, maka kajian dan segala macam hal yang berkaitann dengannya diatur oleh Pemko begitu pula sebaliknya” ujar Febrialin.

 

Febrialin mengatakan, melihat kondisi yang ada sekarang, Pemko Batam lebih tertarik untuk menyerahkan pengelolaan kepada swasta “melihat kondisi sekarang kami lebih tertarik menyerahkan pengelolaan pada swasta dan itu artinya nilai bangunan ini harus di nolkan (dirubuhkan)” ujarnya. “kalau memang pengelolaan oleh swasta, nanti mereka akan menyiapkan dokumen-dokumennya seperti dokumen lelang” tambah Febrialin.