Ketua MPR: Sampaikan Kepada Masyarakat Swiss Bahwa Indonesia Adalah Negara Torelan

Rabu, 18 November 2015 12:10 WIB
549x ditampilkan Nasional

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta Ketua Senat Swiss Claude Heche menyampaikan fakta kepada masyarakat Swiss bahwa Indonesia adalah negara toleran meskipun bermayoritas muslim.

 

"Saya sampaikan bahwa Indonesia mayoritas muslim, terbuka, toleran, banyak suku dan perbedaan itu kekayaan sendiri, jangan dilihat seperti negara lain. Kita, bangsa Indonesia toleran. Tolong sampaikan ke masyarakat Swiss agar ada negara sahabat Swiss, yakni Indonesia yang demokratis," kata Zulkifli usai menerima Ketua Senat Swiss di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu.

 

Zulkifli mengatakan, Swiss ingin terus meningkatkan hubungan kedua negara pada berbagai bidang, salah satunya pada sektor pariwisata.

 

"Keinginan Swiss adalah meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata. Mereka menilai Indonesia adalah negara yang kaya dengan daerah wisata, seperti di Bali, Sulawesi, Papua," kata Zulkifli.

 

Swiss juga akan memberikan bantuan untuk petani coklat Indonesia.

 

"Ekspor kakao kita kan banyak ke Swiss dan mereka siapkan ratusan juta dolar AS untuk bantu petani kakao Indonesia yang ada di Sulawesi dan Sumatera. Ketua Senat Swiss baru saja pulang dari Sulawesi untuk melihat langsung petani kakao," demikian Zulkifli.

 

(ant)